Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa menguat pada awal perdagangan Kamis, ditopang oleh kenaikan saham-saham sektor energi karena kenaikan harga minyak sementara investor menunggu data inflasi dari Jerman, ekonomi terbesar di zona euro.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa naik 0,1 persen pada pukul 07.05 GMT setelah lima sesi berturut-turut melemah, sementara indeks DAX Jerman bertambah 0,2 persen.

Saham sektor energi terangkat 0,9 persen karena harga minyak mentah melonjak ke level tertinggi dalam lebih dari setahun setelah penurunan stok minyak mentah AS menambah kekhawatiran atas ketatnya pasokan global akibat pengurangan produksi OPEC+.

Ryanair merosot 1,2 persen setelah maskapai penerbangan Eropa tersebut mengumumkan sejumlah pemotongan pada jadwal musim dinginnya karena penundaan pengiriman Boeing, namun menambahkan bahwa perkiraan lalu lintas setahun penuh "belum" terpengaruh.

Pemerintah Italia pada Rabu (27/9/2023) memangkas perkiraan pertumbuhannya untuk tahun ini dan tahun depan serta menaikkan target defisit anggarannya. Saham-saham di Italia menguat 0,2 persen.


Baca juga: Saham Eropa dibuka melemah karena imbal hasil menguat, khawatir China
Baca juga: Saham Eropa dibuka sedikit menguat dengan fokus pada keputusan Fed

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023