Edukasi kepada masyarakat di pedesaan terhadap ancaman terorisme harus dilakukan secepat mungkin
Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpednas) menegaskan dukungan terhadap program pencegahan terorisme yang digagas Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

"Edukasi kepada masyarakat di pedesaan terhadap ancaman terorisme harus dilakukan secepat mungkin," kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Abpednas Indra Utama di Jakarta, Jumat.

Indra mengatakan keterlibatan pemerintahan desa dalam hal ini anggota badan permusyawaratan desa harus berperan aktif mendukung program pemerintah melalui BNPT. Program itu di antaranya terkait sosialisasi literasi informasi tentang pencegahan terorisme di wilayah pedesaan.

Menurutnya, wawasan kebangsaan dari aspek akar budaya dan kekeluargaan yang masih kuat bisa menjadi kekuatan dalam menangkal terorisme dan radikalisme di pedesaan.

Toleransi yang kuat antar-masyarakat desa menjadi modal besar dalam mencegah penyebaran paham-paham intoleransi, radikalisme dan terorisme.

Baca juga: BNPT dan Kemen PPPA wujudkan desa bebas dari paparan radikal terorisme

Baca juga: Kemendes PDTT-BNPT tandatangani MoU penanggulangan terorisme di desa


Dukungan pada BNPT tersebut dilatarbelakangi aksi terorisme yang masih menjadi masalah serius dan harus dihadapi Indonesia saat ini. Oleh karena itu, dengan perkembangan teknologi seluruh pihak harus berperan membentengi masuknya paham yang bertentangan dengan Pancasila ke desa-desa.

Senada dengan itu, Ketua Umum Pemuda Panca Marga Berto Izaak Doko menyatakan siap bersinergi agar dapat berperan aktif memberikan pengaruh positif kepada masyarakat dalam mencegah penyebaran ideologi-ideologi menyimpang.

"Kami berupaya membentengi generasi muda terhadap pengaruh paham terorisme radikalisme dan intoleransi serta paham lain yang bertentangan dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945," kata Berto.

Sementara itu, Kepala BNPT Komjen Polisi Boy Rafli Amar lembaga yang dipimpinnya terus menjalin kerja sama dan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam menyukseskan program pencegahan intoleransi, radikal dan terorisme.

Baca juga: Presiden Jokowi minta kades cegah desa dari terorisme

"BNPT terus mengajak setiap elemen bangsa untuk memperkokoh wawasan kebangsaan terutama empat konsensus nasional dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, penguatan nilai-nilai Pancasila, moderasi dalam beragama, penguatan akar budaya bangsa dan pembangunan kesejahteraan," tutur Kepala BNPT.

Melalui kerja sama dengan banyak pihak, BNPT berharap semakin memperluas diseminasi wawasan kebangsaan dalam rangka pencegahan paham radikal terorisme.

"Kita harapkan akan semakin banyak masyarakat yang menjadi bagian terdepan dalam upaya bersama pencegahan paham radikal terorisme," ujar Boy.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023