Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mengatakan pelibatan perempuan penting dalam mewujudkan kesetaraan gender dan pembangunan berkelanjutan.

"Pelibatan perempuan dalam menyuarakan perubahan dan turut berperan dalam pengambilan keputusan juga menjadi hal yang penting dalam mewujudkan kesetaraan gender dan mendorong pembangunan berkelanjutan," kata Bintang Puspayoga dalam rilis acara "Anugerah Gatra Citra Perempuan Indonesia 2023", di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Menteri PPPA: Kekerasan berbasis gender online meningkat

Bintang Puspayoga menambahkan bahwa untuk menciptakan inklusi sosial serta memajukan kesetaraan dan keadilan gender tersebut, Kementerian PPPA terus bersinergi dengan berbagai unsur untuk memberantas kesenjangan gender yang masih dialami oleh sebagian besar perempuan Indonesia.

Peningkatan kapasitas kepemimpinan perempuan juga terus dilakukan agar perempuan-perempuan Indonesia lebih percaya diri dalam berpartisipasi, dan menyuarakan aspirasi perempuan di berbagai tahapan proses pembangunan, mulai dari tingkat nasional hingga akar rumput.

Baca juga: Kemen PPPA buat pedoman kesetaraan gender perempuan di ranah digital

"Kolaborasi antar-pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh politik, lembaga masyarakat, dan organisasi pemerhati perempuan sangat diperlukan dalam membumikan kesetaraan gender, memastikan kebijakan perlindungan perempuan benar-benar menyasar secara tepat, dan terus menciptakan perempuan-perempuan yang berdaya," tutur Bintang Puspayoga.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Bintang Puspayoga juga turut menyerahkan penghargaan kepada 14 penerima penghargaan Anugerah Gatra Citra Perempuan Indonesia 2023.

Menteri PPPA berharap penghargaan ini dapat melahirkan lebih banyak lagi perempuan hebat yang dapat menjadi inspirasi, serta mendorong perubahan bagi pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender.

Baca juga: KPPPA tekankan pentingnya peran perusahaan dalam kesetaraan gender

"Melalui penganugerahan ini, kami berharap akan lahir lebih banyak lagi para perempuan hebat yang tidak hanya menjadi inspirasi bagi kita bersama, namun juga menjadi agen perubahan yang berkontribusi bagi pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender di berbagai bidang," katanya.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023