Banjarmasin (ANTARA) -
Pemerintah Kota (Pemkot)  Banjarmasin, Kalimantan Selatan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota setempat mengeluarkan status waspada cuaca ekstrem hujan dan angin kencang.
 
"Jika terjadi hujan lebat warga jangan berteduh di bawah pohon, sebab hujan disertai petir dan angin kencang, hingga waspada pohon tumbang," ujar Kepala BPBD Kota Banjarmasin Husni Thamrin di Banjarmasin, Jumat.
 
Menurut dia, cuaca ekstrem terjadi saat ini dengan curah hujan tinggi disertai petir dan angin kencang, hingga masyarakat harus waspada ke luar rumah
 
Sebab dari prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalsel, kata Thamrin, wilayah Kota Banjarmasin pada 24 Februari 2023 ini sejak pagi hingga malam berpotensi hujan ringan dan lebat yang disertai petir dan angin kencang.

Baca juga: Banjarmasin waspada banjir akibat hujan deras 7 jam
 
"Jadi harus berhati-hati semuanya, jika terjadi hujan cari tempat aman untuk berteduh," ujarnya.
 
Ditambahkan Analis Mitigasi Bencana, BPBD Kota Banjarmasin, Hanafi, status waspada cuaca ekstrem hujan dan angin kencang hingga satu pekan ke depan.
 
Menurut dia, status waspada ini sesuai arahan BMKG Kalsel terkait prakiraan cuaca yang terjadi untuk sepekan.
 
"Kami selalu standby, sesuai arahan kepala BPBD untuk bersiaga apabila terjadi apa-apa," ujarnya.
 
Selain waspada hujan dan angin kencang, Kota Banjarmasin juga tetap waspada banjir dan air pasang, karena beberapa hari ini kondisi permukaan air sungai di Kota Banjarmasin naik signifikan, hingga terjadi banjir rob di sejumlah wilayah khususnya daerah pemukiman di bantaran sungai Martapura.

Baca juga: BPBD: Banjir rob berdampak ke semua kecamatan di Banjarmasin
 

 
 
 

Pewarta: Sukarli
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023