Tadi saya juga turun untuk membeli sejumlah komoditas kacang-kacangan, ikan telur, dan cabai
Bandarlampung (ANTARA) - Bakal calon presiden (Capres) dari Partai Nasdem, Anies Baswedan menyempatkan diri menyapa warga Provinsi Lampung di Pasar Natar, Kabupaten Lampung Selatan, guna menyerap aspirasi para pedagang setempat.

"Tadi saya juga turun untuk membeli sejumlah komoditas kacang-kacangan, ikan telur, dan cabai sekaligus untuk mendengar apa yang menjadi harapan para pedagang di sini," kata Anies di Lampung Selatan, Lampung, Sabtu.

Eks Gubernur DKI Jakarta ini juga mengungkapkan setelah menyapa para pedagang di Pasar Natar, beberapa dari mereka (pedagang) menyampaikan tentang kondisi dan situasi yang sedang dihadapi saat ini.

"Mudah-mudahan kondisi perekonomian kita lebih baik, sehingga pembelian, dan jumlah transaksi lebih banyak," katanya.

Lanjut Anies, dengan perekonomian yang lebih baik ke depan, daya beli masyarakat juga semakin bagus dan akan berdampak kepada penjualan para pedagang yang lebih laris lagi.

Dia mengungkapkan pada umumnya para pedagang di Pasar Natar menyampaikan terkait masalah harga-harga komoditas yang cenderung meningkat.

"Dengan harga yang cenderung naik itu otomatis pembelian masyarakat juga menurun," kata dia.

Anies Baswedan pun berharap menjelang bulan Suci Ramadhan nanti pembelian atau permintaan masyarakat dapat meningkat kembali.

"Apalagi menjelang Idul Fitri (Lebaran) diharapkan akan ada peningkatan permintaan yang signifikan," ujarnya.

Salah seorang Pedagang di Pasar Natar, Lampung Selatan yang menjajakan ubi-ubian, Saiful mengatakan bahwa Anies Baswedan sempat menanyakan bagaimana situasi pasar saat ini.

"Ya, tadi nanya-nanya soal situasi di pasar, kita sampaikan juga kondisinya seperti apa," kata dia.

Anies beserta rombongan dijadwalkan menuju Lapangan Way Hui guna menghadiri pelantikan DPD Partai Nasdem Lampung Selatan, kemudian rombongan menuju Lapangan Desa Untoro Kecamatan Trimurjo Lampung Tengah menghadiri Pelantikan Sayap Partai Nasdem se Lampung, dan menyapa masyarakat.

Sementara pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden RI untuk Pemilu 2024 dijadwalkan pada 19 Oktober 2023 sampai dengan 25 November 2023.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu) pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR RI atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR RI sebelumnya.

Saat ini ada 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.
Baca juga: Anies Baswedan sapa warga Lampung di Pasar Natar
Baca juga: Anies Baswedan sebut masyarakat ingin perbaikan untuk keadilan
Baca juga: Sekjen PKS sebut partainya tawarkan Aher dampingi Anies







 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023