...dengan bertambahnya berdirinya pabrik Industrial Park Batang dan perusahaan lainnya, kami berharap adanya penyerapan 500 ribu tenaga kerja
Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang, Jawa Tengah, menargetkan mampu menyerap 500 ribu tenaga kerja hingga tahun 2030 seiring berdirinya pabrik di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Industrial Park Batang, dan perusahaan kecil lainnya.

Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki di Batang, Sabtu, mengatakan  ke depan dengan berdiri sejumlah perusahaan di Kawasan Industri Terpadu Batang diperkirakan penyerapan tenaga kerja pada tahap awal dapat mencapai sekitar 300 ribu orang.

"Akan tetapi, dengan bertambahnya berdirinya pabrik Industrial Park Batang dan perusahaan lainnya, kami berharap adanya penyerapan 500 ribu tenaga kerja," katanya.

Bupati Lani mengatakan dengan berdirinya kawasan industri di wilayah ini juga akan berdampak positif dengan pemenuhan pasokan kebutuhan pangan seperti beras, daging, sayuran dan buah.

"Oleh karena itu dengan masalah pemenuhan kebutuhan pangan ini kami berharap mendapat dukungan dari pemerintah pusat dan Pemprov Jawa Tengah," katanya.

Baca juga: Tangkap relokasi industri, Kemenperin pacu pembangunan KIT Batang

Dikatakan, Kabupaten Batang yang berpenduduk sekitar 810.000 jiwa saat ini masih menghadapi masalah kemiskinan dan pengangguran.

"Angka kemiskinan di wilayah ini mencapai sekitar 9,6 persen dengan tingkat pengangguran 6,59 persen. Adapun untuk pencari kerja sampai akhir 2022 ini sebanyak 12.800 orang," katanya.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Batang Suprapto mengatakan pihaknya berusaha melakukan pelatihan kerja pada masyarakat sebagai upaya untuk menambah kompetensi mereka dan membuka peluang usaha sendiri.

"Pemberian pelatihan ini berguna untuk menambah kompetensi masyarakat agar mau membuka peluang usaha sendiri. Jangan sampai masyarakat luar daerah malahan yang sukses membuka peluang usaha, namun kita hanya sebagai penonton dengan berdiri kawasan industri di daerah ini," katanya.

Baca juga: Bahlil: 1.000 hektare lahan KIT Batang tahap kedua sudah laris
Baca juga: Presiden: Kawasan Industri Batang akan dongkrak pendapatan negara

Pewarta: Kutnadi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023