Makassar (ANTARA) - Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Mahfud MD menghadiri silaturahim keluarga besar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UIAM) usai melaksanakan Musyawarah Besar (Mubes) Ke-5 Ikatan Alumni (IKA) UINAM.

"Alumni UIN Alauddin hebat-hebat sehingga harapannya dari mubes ini, saling memperkuat kinerja, jaringan, sinergitas untuk memperkuat keindonesiaan kita," kata Mahfud kepada wartawan usai kegiatan itu di kampus setempat di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (25/2) malam.

Hal kedua, kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu, pentingnya memperkuat mutu UIN Alauddin, sebab di berbagai belahan dunia, universitas maju kalau alumnusnya yang hebat.

"Bila alumni itu hebat, maka bisa memajukan universitasnya, itu di mana-mana terjadi dan itu biasa," kata dia.

Ketua IKA UINAM terpilih Idrus Marham pada kesempatan itu, mengemukakan salah satu upaya yang dikembangkan ke depan mencoba mendiskusikan masalah-masalah yang muncul.

Baca juga: 1.740 mahasiswa UINAM diwisuda

Menurut Idrus, perlu digulirkan ide-ide dengan pikiran-pikiran orang yang berkompetensi untuk menyelesaikan berbagai persoalan di internal maupun eksternal kampus.

"Banyak sekali orang bicara, tapi tidak tahu akar masalahnya. Oleh karena itu, tiga bulan ke depan kita akan terbitkan namanya jurnal berisi tentang pemikiran-pemikiran para profesor, para alumni guna merespons perkembangan pemikiran keagamaan dan kebangsaan," kata politikus senior Golkar ini.

Hadirnya jurnal ataupun tabloid nantinya, katanya, memuat pikiran-pikiran itu, termasuk masalah tentang paham radikalisme.

Nantinya, katanya, hal itu didiskusikan dan memilih kampus untuk menghadirkan narasumber yang menuliskan jurnal maupun tabloid tersebut.

Baca juga: Pawai mahasiswa tandai dua dekade Jurusan Ekonomi Islam UINAM
 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023