Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) menerima satu unit ambulans dari Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (ILUNI FEUI) Angkatan 83 sebagai optimasi dari alumni untuk pengembangan universitas.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro dalam keterangannya di Depok, Minggu, mengatakan bantuan ini menunjukkan bahwa pendidikan tinggi di universitas tidak dapat memisahkan diri dari lingkungannya. Oleh karena itu, berbagai kolaborasi, seperti tripleheliks, pentaheliks maupun multiheliks harus dilakukan.

Baca juga: ILUNI FIB UI ajak alumni berkontribusi bangun SDM Indonesia

"Ini sebenarnya sudah lama dilakukan di luar negeri. Saya pernah kunjungan ke Yale School of Management dan diterima di sebuah ruang yang area pojoknya dipenuhi kursi bernama. Saya tanya, kenapa kursinya ada namanya? Dijawab oleh mereka. Ini adalah bentuk sumbangan dari alumni," tuturnya.

Mereka ingin menyumbang, namun karena semua ruang sudah dinamai, sehingga kiriman berikutnya tinggal kursi. Kalau kursinya sudah penuh, kami masih punya bolpoin-bolpoin yang bisa dinamai, kata Prof. Ari.

Situasi tersebut menjadi ide baru bagi Prof. Ari, karena menunjukkan peran dan kontribusi para alumni terhadap universitas meski mereka telah lama lulus dari kampus.

"Saya ucapkan selamat kepada FEUI Angkatan 83 yang telah merekatkan persaudaraan ILUNI FEUI 83 atau ke-40. Mudah-mudahan apa yang telah diberikan oleh para alumni dapat bermanfaat bagi kami, terutama dalam penataan kesehatan, khususnya di kampus UI,” ujar Prof. Ari.

Baca juga: Iluni UI dan mahasiswa SKSG UI menelisik ketahanan parpol

Baca juga: ILUNI UI himpun donasi lebih dari Rp1 miliar untuk penyintas gempa


Ketua Angkatan FEUI 83, Kepi Kurniati menjelaskan upaya untuk terus berkontribusi pada kampus dan masyarakat telah dilakukan melalui beberapa kegiatan, seperti penyerahan ruangan gedung untuk FEUI, kegiatan reuni dan sumbangan untuk korban bencana di Cianjur.

"Sebenarnya banyak yang ingin kami sumbangkan kepada almamater. Terakhir, tercetus kami ingin memberikan ambulans, karena belum banyak yang memberikan dan ternyata UI juga membutuhkan. Selain pemberian unit ambulans, rencananya ada 40 kegiatan menjelang 40 tahun persahabatan ILUNI FEUI 83.

"Kami berharap dapat terus berpartisipasi menyumbang untuk almamater tercinta, sehingga kegiatan ini bukan sekadar reuni kumpul-kumpul, tetapi juga bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi UI dan masyarakat," ujar Kepi.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023