Jakarta (ANTARA) -

Kementerian Sosial menggelar pelatihan bagi operator Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial New Generation (SIKS-NG) di tingkat pemerintah daerah untuk peningkatan kualitas pengelolaan data terpadu.

"Harapannya melalui pelatihan ini para peserta yang merupakan petugas atau operator pengelola DTKS dapat meningkatkan kompetensinya dalam mengolah dan menyajikan data yang valid untuk instansi yang membutuhkan dalam upaya pengentasan angka kemiskinan," kata Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Padang Hasim dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Baca juga: Kemensos edukasi anak marjinal di Sekolah Master Depok

Pelaksanaan Pelatihan Teknis SSIKS-NG Batch-11 digelar di Kampus II BBPPKS Padang, di Kota Padang, Sumatera Barat, 22-25 Februari 2023. Peserta terdiri atas operator dari pemerintah kabupaten/kota dan provinsi.

Hasim mengatakan Menteri Sosial Tri Rismaharini menekankan jajarannya untuk membangun kredibilitas data kemiskinan tidak hanya bersandar pada sistem, tetapi juga memperkuat kompetensi dan profesionalisme petugas pengelola data

Dia menambahkan, melalui pelatihan ini diharapkan peserta memahami kebijakan dan mekanisme pengelolaan DTKS di Dinas Sosial menggunakan SIKS-NG. Selain itu, peserta juga kompeten dan terampil dalam penggunaan aplikasi SIKS-NG untuk pengelolaan DTKS.

Baca juga: Kemensos fasilitasi 87 pekerja migran pulang dari Malaysia

"Peserta juga diharapkan bisa menindaklanjuti hasil pelatihan ketika kembali di tempat tugas masing-masing," katanya.

Dalam pelatihan ini, Kepala Bagian TU Pusdatin Kesos Mardi Brilian Saleh mewakili Kepala Pusdatin menyampaikan materi tentang Kebijakan/Regulasi terkait SIKS-NG dan Pengelolaan DTKS.

Peserta juga tidak hanya dibekali teori, namun dilanjutkan demonstrasi dan praktik oleh Tim Teknis Aplikasi SIKS-NG dari Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial (Pusdatin Kesos).

Baca juga: Kemensos berikan bantuan kepada 65 PPKS Kota Semarang

Pelatihan diikuti 71 peserta yang berasal dari Dinas Sosial Riau, Kepulauan Riau, dan Jambi.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023