Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat menyatakan, logistik World Superbike (WSBK) Sirkuit Mandalika 2023 dijadwalkan tiba di Bandara Lombok dengan dua pesawat kargo dari Avalon, Australia dan Malaysia.

"Logistik pertama dibawa menggunakan pesawat Qantas Airways jenis Boeing 747-400F bernomor regitrasi QF7581 dari Avalon, Australia akan tiba di Bandara Lombok Selasa (28/2/2023) dini hari," kata Humas PT Angkasa Pura I Bandara Lombok, Arif Haryanto di Praya, Senin.

Kemudian penerbangan kedua menggunakan Kargo Xpress jenis pesawat Boeing 737-800F dengan nomor penerbangan KXP267 dari Kuala Lumpur, Malaysia dan dijadwalkan mendarat di Bandara Lombok Rabu (1/3/2023) pukul 06.30 WITA.

"Dari sisi fasilitas, infrastruktur, Bandara Lombok sudah siap untuk mendukung gelaran WSBK 2023 mendatang. Baik untuk melayani kedatangan maupun kepulangan logistik," katanya.

Sementara itu, untuk para pebalap WSBK 2023 tidak menggunakan pesawat charter melainkan pakai pesawat komersial.

"Jadi bergabung dengan penumpang umum. Untuk jadwal pihak panitia (MGPA) yang lebih mengetahuinya," katanya..

Ia mengatakan, khusus di sisi udara, pihaknya menyiapkan empat parking stand khusus pesawat wide body sekelas Boeing 747/Boeing 777 serta mengalokasikan 14 parking stand pesawat narrow body untuk penerbangan reguler.

"Lokasi parkir pesawat juga telah disiapkan," katanya.

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda NTB Kombes Pol Djoni Widodo di Praya, mengatakan, tiga kontainer logistik WSBK Mandalika 2023 melalui jalur laut telah datang dengan aman di Sirkuit Mandalika.

"Alhamdulillah, Logistik WSBK 2023 yang dikawal anggota kami sampai dengan selamat dan aman di Sirkuit Mandalika. Segel pun masih terlihat utuh," katanya.

Logistik WSBK 2023 Mandalika yang datang itu berasal dari Barcelona, dibawa menggunakan truk kontainer melalui jalur laut. Tiga Container Logistik WSBK Mandalika 2023 tersebut diprediksi isinya terkait kebutuhan balap, seperti ban dan beberapa kebutuhan lainnya.

“Tiga container logistik WSBK lewat laut sudah sampai di Mandalika," katanya.



 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023