Kami lakukan percepatan, sehingga Joglosemar ini akan berjalan dengan baik. Ada beberapa ruas yang belum selesai dan mesti kami selesaikan, terutama di Klaten
Klaten (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membantu upaya percepatan pembebasan lahan yang terkena proyek pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta yang merupakan salah satu proyek strategis nasional.

“Kami lakukan percepatan, sehingga Joglosemar ini akan berjalan dengan baik. Ada beberapa ruas yang belum selesai dan mesti kami selesaikan, terutama di Klaten," kata Ganjar usai peninjauan dan berdialog dengan warga penerima ganti untung pembebasan lahan Jalan Tol Solo-Yogyakarta Seksi I ruas Solo-Klaten, Kabupaten Klaten, Senin.

Peninjauan dilakukan orang nomor satu di Jateng itu bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Bupati Klaten Sri Mulyani, dan Bupati Karanganyar Juliyatmono.

Menurut Ganjar, sudah menjadi tugas pemerintah daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk membantu percepatan pembebasan lahan.

Oleh karena itu, dirinya dan Bupati Klaten Sri Mulyani akan langsung bergerak untuk berkomunikasi dengan masyarakat terkait pembebasan lahan dan ganti untung yang ditarget selesai pada Maret 2023.

“Insya Allah ini akan segera kami bantu untuk membereskan, itu tugas kami di pemda, targetnya yang di Klaten itu mintanya sebelum Lebaran sudah beres. Jadi nanti Bupati Klaten akan membantu. Ini fungsinya pemda," ujar Gubernur Jawa Tengah dua periode itu.

Pada dialog dengan warga, sejumlah warga yang lahannya terkena proyek Jalan Tol Solo-Yogyakarta mengungkapkan jika ganti untung yang diberikan ternyata memberikan dampak positif.

"Hari ini kami mencoba mendengarkan suara masyarakat setelah pembebasan lahan dan ganti untung diberikan. Tadi beberapa sampel diberikan kepada kita dan ditanya oleh Bu Menkeu, ditanya oleh Pak Basuki, untuk apa. Rata-rata ya ganti untung, ada yang jadi kos-kosan, ada yang jadi rumah, ada yang jadi sawah bahkan jadi tiga. Ada juga yang bandha desa tadi jadi berlipat. Saya kira bagus," katanya.

Baca juga: Kemenkeu gelontor Rp5,90 triliun pembebasan lahan tol Solo-Kulonprogo
Baca juga: Proyek Tol Solo-Yogyakarta-YIA dapat jaminan pendanaan Rp9,89 triliun
Baca juga: Pengamat: Duet Ganjar-Erick paling laku di pasar pemilu

 

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023