Kalau kita tidak bisa menggunakan ya percuma. Ini yang juga akan kami dorong
Klaten, Jawa Tengah (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong pemanfaatan proyek strategis nasional (PSN) untuk meningkatkan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah.

“Harapannya kalau itu sudah jalan semuanya kita mesti menggunakan dan memanfaatkan itu agar kemudian pertumbuhan ekonomi jauh lebih tinggi, jauh lebih cepat," kata Ganjar usai mendampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengecek progres pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Senin.

Menurut dia, pemanfaatan PSN yang sudah dibangun di Jateng itu harus dilakukan dengan baik sehingga infrastruktur yang sudah dibangun tersebut tidak sia-sia karena tidak tahu teori dan cara menggunakan.

"Kalau kita tidak bisa menggunakan ya percuma. Ini yang juga akan kami dorong," ujarnya.

Berdasarkan data Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) tercatat realisasi terbesar anggaran PSN yang bersumber dari APBN adalah Provinsi Jawa Tengah yang disusul pada peringkat kedua adalah Provinsi Jawa Barat dan di peringkat ketiga Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca juga: Menteri PUPR pastikan Tol Solo-Kulonprogo rampung 2024

Baca juga: Kemenkeu gelontor Rp5,90 triliun pembebasan lahan tol Solo-Kulonprogo


"Realisasi terbesar di 2022 adalah Provinsi Jawa Tengah, mencapai total Rp3,68 triliun, itu bersumber dari APBN untuk PSN. Jawa Barat peringkat dua dengan Rp3,6 triliun, DIY peringkat tiga," kata Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi yang juga hadir pada pengecekan progres pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta.

Ia menjelaskan secara nasional realisasi anggaran PSN yang sudah berjalan sampai Februari 2023 ini senilai Rp1,28 triliun.

Dirinya berharap realisasi anggaran PSN yang diberikan melalui LMAN untuk tahun ini bisa lebih cepat dibandingkan tahun sebelumnya.

"Februari 2023 Rp1,28 triliun sudah terealisasi (secara nasional), mudah-mudahan makin cepat. Sebagian besar jalan tol Rp1,116 triliun, lalu Rp150 miliar untuk bendungan," ujarnya.

Baca juga: Adhi Karya pakai dana "right issue" untuk selesaikan 6 proyek nasional

Baca juga: Ganjar bantu percepatan pembebasan lahan Tol Solo-Yogyakarta


Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023