Sistem ini bakal menghemat konsumsi BBM, menekan peningkatan emisi CO2, menghemat waktu, dan pemakaian gasoline kendaraan
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi VII DPR Dyah Roro Esti mendukung penerapan sistem teknologi pembayaran jalan tol nontunai nirsentuh multi lane free flow (MLFF), yang dikembangkan perusahaan Roatex Ltd, Hungaria.

Menurut dia, dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, sistem tersebut dapat memberikan nilai tambah dalam hal efisiensi belanja negara, mendukung net zero emission, dan menekan biaya logistik dalam hal subsidi BBM.

"Proyek ini perlu didukung," katanya saat kunjungan kerja DPR RI ke Kantor Roatex Ltd di Budapest, Hungaria, pemenang tender sistem pembayaran digital jalan tol di Indonesia.

Roro Esti menyatakan sistem pembayaran jalan tol tanpa henti berbasis aplikasi MLFF itu berpotensi untuk mengurangi kemacetan yang berujung pada pengurangan polusi udara.

Di samping itu, MLFF akan memberikan kontribusi mengurangi kerugian negara akibat kemacetan di pintu tol sebesar 300 juta dolar AS/tahun.

"Sistem ini bakal menghemat konsumsi BBM, menekan peningkatan emisi CO2, menghemat waktu, dan pemakaian gasoline kendaraan," ujarnya.

Roro Esti pun berharap kerja sama MLFF dapat segera rampung studinya, sehingga dapat dilaksanakan kerja sama teknologi Indonesia-Hungaria tersebut.

Kunjungan DPR RI ke Roatex di Hungaria dipimpin Wakil Ketua DPR/Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel.

Menurut Gobel, penerapan sistem MLFF memerlukan sosialisasi secara masif karena menyangkut perlindungan data pribadi.

"Karena ini akan melibatkan masyarakat, harus sosialisasi terus-menerus dimulai dari menjawab pertanyaan-pertanyaan masyarakat, kekhawatirannya apa ataupun bagaimana supaya mereka bisa ikut berpartisipasi mendukung program ini karena ini kan memberi manfaat pada masyarakat," katanya.

Gobel juga mengatakan tujuan kunjungan kerja ke Hungaria tersebut juga menjajaki investasi Hungaria di Indonesia di antaranya pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan perluasan penempatan tenaga kerja RI di Eropa.

Turut dalam kunjungan delegasi parlemen Indonesia itu Heri Gunawan, Charles Meikyansyah, Nasim Khan, Supratman Andi Agtas, dan M Hekal. Hadir pula Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Bakir Pasaman dan Direktur Eksplorasi dan Pengembangan PT Pertamina Geothermal Energi Rachmat Hidajat.


Baca juga: Menteri PUPR: Aplikasi MLFF diluncurkan saat uji coba di Tol Bali
Baca juga: Menilik kesiapan teknologi nirsentuh pembayaran tol MLFF
Baca juga: Kementerian PUPR pasang tiang sensor MLFF di Tol JORR S

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023