Jayapura (ANTARA) - Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Papua telah menyiapkan tiga karteker ketua Asprov PSSI di tiga Daerah Otonomi Baru atau DOB yakni Provinsi Papua Tengah, Papua Selatan dan Papua Pegunungan.

Ketua Asprov PSSI Papua Benhur Tomi Mano di Jayapura Selasa, mengatakan ketiga karteker yang telah dipilih yakni Rocky Bebena, Usman Wanimbo dan Robby Wakadewa.

Rocky Bebena dan Rika sebagai karteker ketua dan wakil Asprov PSSI Papua Selatan, Usman G. Wanimbo dan Malhai Mabel untuk Papua Pegunungan sementara Robby Wakadewa dan Arifin Soleh sebagai karteker Papua Tengah.

Dia mengatakan penunjukan karteker tersebut untuk mempersiapkan pemilihan Ketua Asprov dan pelantikan Asosiasi Kabupaten (Askab) setempat serta konsolidasi tim di bawah Asprov.

Baca juga: Asprov PSSI Papua putuskan kompetisi Liga 3 dilanjutkan

"Kami segera melantik kepengurusan Askab Merauke, Boven Digoel, Asmat dan Mappi yang dipusatkan di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan," katanya.

Menurut Benhur, pelantikan Askab sekaligus penyerahan Surat Keputusan (SK) kepada ketua untuk mempersiapkan pemilihan Ketua Asprov di tiga DOB tersebut.

"ini sesuai hasil pertemuan (rapat exco) PSSI Papua di Jayapura, pada Sabtu 25 Februari 2023," ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa tiga DOB juga akan mengikuti pelaksanaan PON XXI 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

"Namun kami belum mengetahui cabang olahraga yang akan diikuti oleh tiga DOB karena itu nanti diputuskan oleh KONI Pusat," katanya lagi.

Namun, dia menambahkan, untuk sepak bola putra dan putri serta futsal putra dan putri jika ada atlet dari dari daerah pemekaran yang ingin bergabung bersama Provinsi Papua maka segera diputuskan.

"Karena kalau ada atlet yang mau pindah ke provinsi itu aturannya dua tahun sehingga para atlet harus jelas mau memilih membela provinsi yang mana supaya kami juga bisa membagi atlet-atlet ini dengan baik," ujarnya lagi.

Baca juga: Benhur Tomi Mano terpilih secara aklamasi jadi ketua Asprov PSSI Papua

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023