Ini adalah green industrial park yang terbesar di dunia dan inilah masa depan Indonesia,
Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meyakini bahwa Kawasan Industrial Park Indonesia (KIPI) di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, bakal menjadi masa depan industri hijau di Indonesia.

"Ini adalah green industrial park yang terbesar di dunia dan inilah masa depan Indonesia," kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers selepas meninjau perkembangan proyek KIPI Bulungan pada Selasa, sebagaimana disiarkan kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden.

Baca juga: Jokowi tiba di Kaltara untuk tinjau Kalimantan Industrial Park

Presiden meyakini bahwa KIPI Bulungan akan menjadi masa depan Indonesia apabila pembangunannya dapat terealisasi dengan baik sekaligus dapat menarik minat para pelaku industri hijau.

"Semuanya pasti akan berbondong-bondong ke sini, industri apapun yang berkaitan dengan green products pasti akan menengok kawasan ini," ujarnya.

KIPI Bulungan akan disokong oleh energi hijau yakni energi terbarukan berupa hidropower dari Sungai Mentarang dan Sungai Kayan yang mengalir di Kaltara.

Kendati demikian Presiden menekankan bahwa akan ada proses transisi, tidak serta merta sejak berdiri langsung menggunakan sokongan energi hijau.

"Ada transisinya, tetapi kita harapkan dengan kekuatan kompetitif seperti itu, energinya hijau, kemudian barang-barang produknya yang dihasilkan juga produk-produk hijau, inilah yang akan menjadi kekuatan Kawasan Industrial Park Indonesia di Kalimantan Utara," katanya.

Baca juga: Pertamina dukung pengembangan KEK Arun menuju kawasan industri hijau

Oleh karena itu Presiden menyatakan akan terus memantau perkembangan pembangunan KIPI Bulungan agar tidak meleset dari target yang sudah ditetapkan.

"Saya kira kalau melihat lapangan, kelihatannya, saya tadi tanya di lapangan tidak ada masalah. Perizinan semuanya sudah komplet, sudah siap," kata Jokowi.

Presiden menuturkan setidaknya ada tiga peruntukan bagi kawasan seluas 13 ribu hektare yang saat ini tengah dibangun yakni bagi industri baterai kendaraan listrik (EV-battery), industri petrokimia, dan industri alumunium.

KIPI Bulungan dimulai proses pembangunannya pada 21 Desember 2021 ketika Presiden Jokowi melakukan prosesi peletakan batu pertama (groundbreaking).

KIPI Bulungan ditargetkan dengan total luas kawasan seluas 30 ribu hektare dan telah menelan investasi sebesar 132 miliar dolar AS, melalui kerja sama antara Indonesia, China, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Proyek tersebut juga ditargetkan selesai tahap konstruksi pada 2024 dengan target operasional bertahap mulai 2023, 2024, hingga 2029.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023