Selain mengikuti kegiatan rapat dan pertemuan ASEAN HLTF-EI 2023, para delegasi juga akan melakukan kegiatan di luar agenda
Belitung (ANTARA) - Sejumlah delegasi High Level Task Force ASEAN Economic Integration (HLTF-EI) 2023 mulai berdatangan di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa pagi.

"Iya betul, hari ini sejumlah delegasi ASEAN HLTF-EI mulai berdatangan dan tiba di Belitung," kata Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie di Tanjung Pandan, Selasa.

ASEAN HLTF-EI 2023 merupakan pertemuan satgas ekonomi negara-negara ASEAN yang akan berlangsung di Belitung pada 1-3 Maret 2023.

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie menyambut langsung kedatangan sejumlah delegasi ASEAN HLTF-EI 2023 di terminal kedatangan Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin Belitung.

Menurut dia, delegasi yang tiba di Belitung pada, Selasa (28/2) yakni Indonesia, Singapura, Filipina, Laos, Malaysia, Kamboja dan Vietnam.

"Kemudian juga telah tiba delegasi dari Sekretariat ASEAN dan organisasi Economic Research Institute for ASEAN (ERIA)," ujarnya.

Ia menambahkan pemerintah daerah menyambut kedatangan para delegasi dengan pelayanan baik dan ramah.

Hal ini diharapkan dapat membuat para delegasi merasa nyaman selama berada di Bumi Laskar Pelangi.

"Penyambutan kami lakukan persis sama sesuai SOP G20 meskipun ini levelnya lebih kecil sedikit tapi pelayanan tetap sama kami lakukan dan tidak mau membeda-bedakan skala sehingga pelayanan berbeda," katanya.

Ia menyebutkan selain mengikuti kegiatan rapat dan pertemuan ASEAN HLTF-EI 2023, para delegasi juga akan melakukan kegiatan di luar agenda.

"Seperti berwisata yang kami tawarkan adalah melakukan "Island Hopping" karena memang waktu mereka terbatas," ujarnya.

Isyak berharap, pertemuan ASEAN HLTF-EI 2023 akan membawa nama baik Belitung di kancah internasional.

"Sehingga meyakinkan pemerintah pusat dan internasional bahwa Belitung memang cocok menjadi venue acara pertemuan internasional," katanya.

Dengan demikian, katanya upaya ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan membuka peluang investasi bagi daerah.

"Kemudian bandara kita juga bisa dibukakan rute internasional dan dibangun terminal barunya," ujarnya.
Baca juga: Pj Gubernur: 11 negara hadiri ASEAN HLTF-EI 2023 di Belitung
Baca juga: Pemkab Belitung promosikan pariwisata melalui forum ASEAN HLTF-EI

Pewarta: Kasmono
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023