Peranan UMKM sangat besar selain untuk pertumbuhan perekonomian.
Denpasar (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Made Mangku Pastika mengagumi pelaksanaan pameran UMKM yang digelar serangkaian memperingati HUT ke-235 Kota Denpasar dipusatkan di Taman Kota Lumintang Denpasar, Bali untuk membantu pemasaran produk perajin.

"Pameran UMKM ini bagus dan penting, karena pemerintah daerah telah memberikan kesempatan kepada UMKM untuk memamerkan produknya," kata Pastika saat mengunjung sejumlah stan pameran UMKM tersebut, di Denpasar, Selasa.

Menurut mantan Gubernur Bali dua periode itu, UMKM merupakan salah satu tulang punggung ekonomi Bali yang paling tahan dalam menghadapi banyak tantangan, termasuk hantaman pandemi COVID-19.

"Peranan UMKM sangat besar selain untuk pertumbuhan perekonomian, juga berkontribusi bagi pendapatan daerah dan menyerap banyak tenaga kerja," ujarnya.

Pemerintah, kata Pastika, untuk membantu UMKM itu tak saja menyiapkan dari sisi aspek permodalan, namun juga kesempatan untuk memamerkan produknya kepada masyarakat.

"Model pameran ke depannya juga bisa didesain sesuai dengan potensi yang dimiliki UMKM, sehingga tak harus sama dari waktu ke waktu. Jadi mesti kreatif dan tidak harus sama, disesuaikan dengan potensi, segmennya juga beda-beda," katanya pula.

Puluhan stan yang disiapkan Pemerintah Kota Denpasar ini tidak saja memamerkan berbagai produk kerajinan khas, seperti busana, alas kaki, dan tas, juga aneka kuliner tradisional Bali.

"Ini juga rasanya enak dan pedasnya pas, saya sampai berkeringat. Biasanya orang bekerja yang berkeringat, saya keringatan saat makan," ujar Pastika, saat menyantap kuliner tipat kuah khas Kabupaten Klungkung di arena pameran.

Pastika cukup lama berbincang-bincang di stan yang memajang berbagai tanaman buah-buahan. "Bagus sekali, buahnya besar-besar dan banyak. Penting disebarkan cara-cara untuk merawat tanaman agar cepat berbuah," ujar mantan Kapolda Bali ini lagi.

Yang menarik, saat memasuki arena pameran, banyak pengunjung yang minta berfoto bersama mantan orang nomor satu di Bali ini

Selain itu beberapa pedagang mengaku senang didatangi Mangku Pastika, dan juga turut meminta foto bersama di masing-masing stan.
Baca juga: Delegasi G20 kunjungi pameran UMKM dan coba gunakan QRIS di Denpasar
Baca juga: Kolaborasi dan sinergi kunci UMKM Bali tangguh hadapi resesi

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023