Selama krisis COVID-19, kami menyiapkan dana jaminan yang memastikan kelangsungan hidup perusahaan-perusahaan di 22 negara anggota Uni Eropa
Berlin (ANTARA) - Dalam konteks perdebatan mengenai tanggapan Eropa terhadap program subsidi Presiden AS Joe Biden yang tercakup dalam Undang-Undang Pengurangan Inflasi (IRA) tahun 2022, Bank Investasi Eropa (EIB) sedang mempertimbangkan pembentukan sebuah dana baru.

"Selama krisis COVID-19, kami menyiapkan dana jaminan yang memastikan kelangsungan hidup perusahaan-perusahaan di 22 negara anggota Uni Eropa (UE)," kata Presiden EIB Werner Hoyer dalam wawancara dengan majalah Spiegel Jerman, yang diterbitkan pada Selasa (28/2/2023).

"Itu bisa menjadi model penjaminan dana serupa untuk mengamankan industri Eropa," katanya.

Banyak perusahaan di Eropa "di bawah tekanan kuat untuk memindahkan produksi mereka dan khususnya departemen pengembangan mereka ke Amerika Serikat," kata Hoyer. Ketakutan Uni Eropa bahwa IRA akan menarik investasi hijau dari Eropa ke Amerika Serikat "beralasan".

Paket 369 miliar dolar AS adalah investasi tunggal terbesar dalam "inisiatif hijau" dalam sejarah AS. Tujuan resminya adalah pengurangan 40 persen emisi gas rumah kaca AS pada tahun 2030 dibandingkan dengan tingkat tahun 2005.

Namun, para kritikus berpendapat bahwa IRA juga bertentangan dengan prinsip-prinsip perdagangan bebas di pasar internasional di bawah panji perlindungan iklim dan tindakan anti-inflasi.

IRA adalah "peringatan yang harus kita dengar," kata Hoyer kepada Spiegel, dikutip dari Xinhua.

Namun demikian, perlombaan subsidi yang luas dengan Amerika Serikat harus dihindari, tambahnya.

"Saya skeptis jika negara-negara Uni Eropa sekarang ingin menghujani ekonomi dengan uang dengan kaleng air besar," kata Hoyer. Sebaliknya, Uni Eropa harus menanggapi dengan bantuan terarah yang memungkinkan lompatan teknologi.

Ada kebutuhan untuk memberi perusahaan-perusahaan muda Jerman modal ventura untuk mencegah mereka bermigrasi ke Amerika Serikat, menurut Hoyer.

Baca juga: EIB siap investasikan 1 miliar euro ke RI untuk proyek hijau
Baca juga: Bank Investasi Eropa akan biayai 1 triliun euro aksi iklim sampai 2030
Baca juga: EIB di Indonesia dukung pembiayaan tangani perubahan iklim

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023