Milan (ANTARA News) - Gubernur Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi mengatakan bahwa investasi diperlukan untuk pemulihan Eropa.

"Jika kami gagal untuk meningkatkan investasi, kami akan melemahkan perekonomian dalam jangka pendek dan akan membahayakan prospek jangka panjang," Draghi mengatakan pada forum keuangan Eurofi yang diadakan di Milan, Italia, Kamis.

"Tidak akan ada pemulihan yang berkelanjutan sampai situasi ini tidak berubah," kepala ECB menekankan, seperti dikutip Xinhua.

Draghi mencatat tingkat investasi bisnis di zona euro hanya sedikit membaik sejak pecahnya krisis keuangan pada 2007, sedangkan di Amerika Serikat itu berada di atas tingkat pra-krisis.

"Tidak ada stimulus moneter, dan pada kenyataannya tidak ada stimulus fiskal, yang dapat berhasil jika tidak disertai dengan kebijakan struktural yang tepat, kebijakan yang mendorong pertumbuhan potensial dan menanamkan kepercayaan," katanya.

Draghi juga menambahkan kenaikan menentukan dalam investasi akan menjadi dasar "untuk membawa inflasi lebih dekat ke dimana kita ingin melihatnya," atau dekat tetapi di bawah dua persen untuk "mulai mendorong ekonomi dan mengurangi pengangguran."

Tindakan tegas untuk merangsang investasi meliputi penyediaan jaminan negara untuk pinjaman usaha kecil, sebuah praktik yang sudah digunakan di Amerika Serikat, dan meningkatkan pengeluaran investasi publik oleh pemerintah yang mampu membayarnya, kata dia.

Pertemuan Ecofin informal para menteri keuangan Eropa akan diselenggarakan di ibukota bisnis Italia pada Sabtu, setelah pertemuan Eurogroup dan pertemuan para menteri keuangan Eropa dan Asia pada Jumat.

(Uu.A026)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014