Frankfurt (ANTARA) - Para pembuat kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB) akan menggelar pertemuan pada Kamis, di tengah gejolak di pasar keuangan yang dapat memaksanya untuk beralih dari rencana kenaikan suku bunga yang besar dan kuat meskipun inflasi masih terlalu tinggi.

Setelah memulai kampanye untuk mengekang kenaikan harga-harga yang membuatnya menaikkan suku bunga sejak Juli pada rekor laju tercepatnya, ECB telah menetapkan rencana kenaikan 50 basis poin lagi pada Kamis.

Tetapi keruntuhan Silicon Valley Bank di Amerika Serikat minggu lalu telah menimbulkan kekhawatiran tentang tekanan di seluruh sektor perbankan dan menyebabkan saham-saham anjlok, dengan Credit Suisse, yang telah lama dirundung masalah, menjadi pusat kekalahan di Eropa.

Sekarang ECB harus merekonsiliasi kredibilitas melawan inflasi dengan kebutuhan untuk menjaga stabilitas keuangan dalam menghadapi gejolak impor yang luar biasa.

Memperumit tugasnya, bank sentral untuk 20 negara yang menggunakan mata uang euro itu pada dasarnya telah berkomitmen untuk menaikkan 50 basis poin pada Kamis.

"Kecuali ECB melihat prospek inflasi berbeda secara signifikan dari satu minggu lalu, apa pun kecuali pergerakan 50 basis poin akan menjadi kesalahan besar dan merusak kredibilitas," kata ekonom Danske Bank, Piet Haines Christiansen.

Inflasi zona euro mencapai 8,5 persen pada Februari, di bawah puncaknya pada musim gugur lalu tetapi jauh di atas target ECB sebesar 2,0 persen, dan prospek kemungkinan akan tetap suram.

Meskipun perkiraan inflasi utama akan dipotong karena jatuhnya harga-harga energi, angka-angka baru akan terus menunjukkan pertumbuhan harga secara signifikan di atas target pada 2024 dan sedikit di atas pada 2025, sumber dengan pengetahuan langsung mengatakan kepada Reuters.

Sementara itu proyeksi inflasi dasar, indikator daya tahan pertumbuhan harga-harga akan dinaikkan, menunjukkan bahwa disinflasi akan berlarut-larut dan kebijakan moneter harus tetap ketat untuk beberapa waktu.

Prospek ini sangat mengkhawatirkan sebelum gejolak di sektor perbankan, yang dapat menggagalkan strategi ECB dan seluruh perekonomian, daftar panjang pembuat kebijakan telah menganjurkan kenaikan suku bunga terus berlanjut setelah Maret.

Namun pasar meragukan tekad ECB dan telah memutar kembali taruhan pada ukuran langkah Kamis dan kenaikan suku bunga berikutnya. Pasar uang menunjukkan bahwa investor sekarang hanya melihat peluang 30 persen untuk kenaikan 50 basis poin, turun dari setinggi 90 persen pada Rabu (15/3/2023) pagi.

"Bank sentral seharusnya tidak mengabaikan tanda-tanda dari pasar dan kemungkinan resesi yang akan datang," kata mantan Wakil Presiden ECB Vitor Constancio. "Mereka harus menurunkan kampanye pendakian mereka. ECB harus melakukan paling banyak 25 basis poin dan bukan 50 basis poin yang diumumkan."

Puncak suku bunga ECB, juga dikenal sebagai suku bunga terminal, sekarang diperkirakan hanya sekitar 3,25 persen, turun dari 4,1 persen minggu lalu, pembalikan perkiraan pasar yang luar biasa.

Berharap untuk menopang kepercayaan, bank sentral Swiss mengatakan pada Rabu (15/3/2023) malam bahwa pihaknya siap menyediakan likuiditas bagi Credit Suisse, jika perlu, meskipun bank memenuhi semua persyaratan modal dan likuiditas.

"Jelas ada alasan kuat bagi ECB untuk menunggu dan melihat bagaimana perkembangannya," kata Andrew Kenningham dari Capital Economics.

"Tapi tebakan terbaik kami pada tahap ini adalah bahwa bank akan melanjutkan rencana yang telah diumumkan sebelumnya untuk menaikkan suku bunga simpanan dari 2,5 persen menjadi 3,0 persen, sambil menekankan bahwa kebijakan tersebut tidak berada pada jalur yang telah ditentukan sebelumnya."

Bahkan jika ECB melanjutkan dengan kenaikan 50 basis poin, hampir pasti akan menjauh dari praktik baru-baru ini untuk memberi sinyal langkah selanjutnya dan akan membiarkan pintu terbuka terkait pertemuan Mei, bahkan bias untuk suku bunga yang lebih tinggi tetap ada.

Presiden ECB Christine Lagarde hampir pasti akan mencoba meyakinkan investor tentang kesehatan bank-bank blok tersebut, dengan alasan bahwa mereka lebih dikapitalisasi, lebih menguntungkan, dan lebih likuid daripada selama periode gejolak sebelumnya.

Tetapi ECB kemungkinan akan berhenti menawarkan langkah-langkah khusus untuk membantu bank, terutama karena baru saja menghapus subsidi dari fasilitas likuiditas utama dalam upaya untuk menyapih pemberi pinjaman dari kas bank sentral.

Namun Lagarde dapat memberi sinyal bahwa ECB siap untuk intervensi jika penularan mulai merusak kesehatan pemberi pinjaman zona euro, dan dengan demikian mencegah kebijakan moneter ECB diterapkan secara efektif.

"ECB akan berpikiran untuk berpegang pada prinsip pemisahan: mengarahkan sikap kebijakan moneter untuk mencapai tujuan inflasi; dan menggunakan alat lain untuk menangani stabilitas keuangan," kata BNP Paribas. Memang, suku bunga mungkin merupakan alat yang salah untuk mengatasi masalah likuiditas.

Baca juga: Runtuhnya bank-bank AS menyebabkan lebih banyak masalah di Eropa
Baca juga: Dolar menguat, Credit Suisse picu kekhawatiran perbankan lebih luas
Baca juga: Goldman Sachs memperkirakan ECB naikkan suku bunga 3 kali tahun ini

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023