Indeks STOXX 600 pan-Eropa terkerek 0,3 persen pada pukul 07.15 GMT
Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa naik tipis pada pada awal perdagangan Senin, di awal pekan yang penuh pertemuan kebijakan bank-bank sentral utama, sementara saham pembuat obat Swiss Novartis naik setelah setuju untuk membeli Chinook yang berbasis di AS.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa terkerek 0,3 persen pada pukul 07.15 GMT.

Pertemuan dari Federal Reserve AS, Bank Sentral Eropa, dan Bank Sentral Jepang dijadwalkan untuk minggu ini.

The Fed diperkirakan akan mempertahankan suku bunga stabil pada akhir pertemuan kebijakan dua hari pada Rabu (14/5/2023), sementara ECB diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebesar seperempat poin persentase lagi pada Kamis (15/6/2023) untuk menjinakkan inflasi yang membandel.

Novartis terangkat 1,1 persen setelah mengatakan telah setuju untuk mengakuisisi perusahaan bioteknologi yang berbasis di Seattle, Chinook Therapeutics hingga 3,5 miliar dolar AS.

Indeks sektor kesehatan Eropa menguat 0,6 persen, sedangkan indeks sektor pribadi & rumah tangga memimpin kenaikan dengan bertambah 0,9 persen.

Pembuat pakaian olahraga Jerman Adidas melonjak 3,1 persen setelah Bernstein menaikkan peringkat sahamnya menjadi "outperform" dari "market perform".

Baca juga: Saham Eropa dibuka datar, Croda pimpin kerugian karena peringatan laba
Baca juga: Saham Eropa dibuka lebih rendah karena kegelisahan suku bunga

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023