Pemuda/pemudi harus memiliki semangat dalam menjaga kedaulatan negara.
Pangkalpinang (ANTARA) - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Sumatera Barat bersinergi menggelorakan kembali semangat perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan dan kedaulatan negara dalam peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara pada 1 Maret 2023.

"Kegiatan ini merupakan kerja sama antarprovinsi yang saling memiliki keterkaitan sejarah," kata Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Babel Herwanita saat menghadiri Hari Penegakan Kedaulatan Negara di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan bahwa Hari Penegakan Kedaulatan Negara pada tanggal 1 Maret 2023 merupakan perdana setelah Presiden RI Joko Widodo menetapkan peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara melalui Keppres Nomor 2 Tahun 2022.

Hari Penegakan Kedaulatan Negara di Provinsi Kepulauan Babel digelar Museum Timah Indonesia (MTI) Pangkalpinang dengan tema Jembatan Emas Tiga Daerah: Kepulauan Babel, Yogyakarta dan Sumatera Barat untuk menggelorakan kembali semangat para pahlawan ke generasi penerus bangsa ini.

"Jembatan emas tiga daerah maksudnya tiga daerah yang menghubungkan rute pengasingan tokoh-tokoh kemerdekaan di Yogyakarta, Sumatera Barat, dan Bangka Belitung," katanya.

Peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara di Bangka Belitung dilaksanakan di Museum Timah Pangkalpinang sebagai salah satu tempat bersejarah.

"Museum Timah Pangkalpinang ini dahulunya pernah sebagai tempat persiapan perundingan Roem-Royen pada tahun 1949," katanya.

Acara tersebut dihadiri tokoh-tokoh adat, masyarakat, sejarawan, dan budayawan. Kegiatannya selain meliputi talkshow juga menghadirkan teatrikal sejarah dan peluncuran buku.

"Nanti masing-masing daerah akan menampilkan teatrikal sejarah dari daerah-masing-masing. Selain itu, juga ada peluncuran buku antara Dinas Pariwisata Bangka Belitung dan Yogyakarta," katanya.

Ia mengharapkan acara itu bisa membangkitkan semangat pemuda/pemudi Indonesia untuk lebih berjuang dalam penegakan negara.

"Pemuda/pemudi harus memiliki semangat dalam menjaga kedaulatan negara," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi tetapkan 1 Maret jadi Hari Penegakan Kedaulatan Negara
Baca juga: Sultan HB X: Semangat juang Serangan Umum 1 Maret harus dipelihara

Pewarta: Aprionis
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023