Jakarta (ANTARA) - Prosiding National Academy of Sciences Amerika Serikat merilis, tim peneliti dari Weizmann Institute of Science (WIS) di Israel tengah menemukan bahwa biomassa ternak mempunyai berat lebih dari 30 kali bobot semua mamalia darat liar.

Peneliti itu menyimpulkan mamalia hasil domestikasi, termasuk sapi, domba, dan babi, mencapai sekitar 630 juta ton, lebih dari 30 kali bobot semua mamalia darat liar yang sekitar 20 juta ton, dan lebih dari 15 kali lipat dari mamalia laut liar yang sekitar 40 juta ton.

Mereka juga menemukan bahwa total bobot mamalia liar kurang dari 6 persen dari bobot semua mamalia, termasuk total bobot manusia yang sekitar 390 juta ton.

Temuan ini mengungkapkan sejauh mana alam, termasuk mamalia yang paling ikonis di dalamnya, lenyap akibat dampak aktivitas manusia, kata WIS.

Studi tersebut membuktikan urgensi upaya konservasi alam, dan juga dapat membantu mengevaluasi risiko yang ditimbulkan oleh penyakit yang menyebar dari mamalia lain ke manusia, menurut tim peneliti itu. 
 
 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023