Jakarta (ANTARA) - Dua spesies tanaman baru ditemukan di China tengah, salah satunya Deutzia setchuenensis var. macrocarpa Q.L.Gan, Z.Y.Li & S.Z.Xu, yang ditemukan di Cagar Alam Baguashan di wilayah Zhuxi di provinsi tersebut.

Tanaman ini biasanya mencapai ketinggian 1 hingga 1,6 meter dan sering tumbuh dalam bentuk semak belukar. Bunganya yang putih dan subur membuatnya bernilai tinggi untuk keperluan ornamental, sementara batang, daun, dan akarnya memiliki khasiat pengobatan tertentu.

Spesies baru lainnya, Veronica hongii, ditemukan di sepanjang Sungai Huiwan di wilayah Zhuxi. Veronica hongii merupakan herba berukuran pendek, dan tanamannya sering berkelompok, dengan batang menjuntai, akar adventif, dan bunga merah muda.

Para peneliti telah menyebutkan bahwa tanaman Veronica hongii terancam punah karena kecenderungannya untuk tumbuh di dekat sungai. Hal ini membuat tumbuhan-tumbuhan tersebut berisiko terkena banjir dan penggembalaan, yang secara signifikan dapat mempengaruhi kelangsungan hidup tanaman itu. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023