Kami perlu terus mencari cara-cara baru dan lebih efektif untuk meningkatkan kinerja
Jakarta (ANTARA) - Sekretariat Jenderal DPD RI menggelar Innovation Festival 2023 yang diharapkan menjadi momentum penting dalam merayakan inovasi yang telah dicapai, sekaligus memperkuat komitmen untuk terus mendorong inovasi di masa depan.
 
“Sebagai bagian dari lembaga legislatif, kami sadar bahwa tantangan yang dihadapi oleh Indonesia sangatlah kompleks. Untuk itu memerlukan solusi inovatif dari berbagai pihak,” kata Plh Sekretaris Jenderal DPD RI Lalu Niqman Zahirdi Gedung DPD RI, Jakarta, Kamis.
 
Lalu Niqman Zahir mengatakan Setjen DPD RI juga telah menyelenggarakan pencanangan transformasi digital pada 2021. Semenjak pencanangan tersebut, kata dia berbagai inovasi digital terus digalakkan.
 
“Kami percaya inovasi adalah kunci untuk mencapai kemajuan. Inovasi memungkinkan untuk menciptakan hal-hal baru, memperbaiki yang sudah ada, dan mengatasi tantangan yang dihadapi,” kata dia.
 
Setjen DPD RI sebagai supporting system memiliki tanggung jawab untuk mendorong inovasi di seluruh aspek kegiatan, mulai dari cara pengelolaan administrasi dan data, hingga cara melakukan sosialisasi dan komunikasi dengan masyarakat.
 
“Kami perlu terus mencari cara-cara baru dan lebih efektif untuk meningkatkan kinerja,” katanya.

Baca juga: Setjen DPD RI luncurkan logo baru identitas pengikat kebersamaan
Dia juga menilai Innovation Festival Setjen DPD RI di 2023 ini merupakan wadah yang tepat bagi unit kerja untuk berkolaborasi dan saling berbagi ide, serta pengalaman dalam menciptakan solusi yang inovatif dan berkelanjutan.
 
“Dalam acara ini, kami akan berdiskusi, berbagi pengetahuan, dan menunjukkan karya-karya inovatif yang telah dihasilkan,” kata dia.
 
Sementara itu, Kepala Biro Organisasi Keanggotaan dan Kepegawaian Setjen DPD RI Fitriani mengatakan Innovation Festival Setjen DPD RI 2023 diselenggarakan selama dua hari pada 2-3 Maret 2023.
 
Selain itu, festival juga dilakukan secara hibrid dan diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai baik di pusat maupun seluruh kantor DPD RI di provinsi.
 
“Kegiatan ini merupakan pameran layanan unggulan dari unit-unit eselon II Setjen DPD RI, dan merupakan kegiatan yang pertama kali diselenggarakan dengan format pameran seperti ini,” cetusnya.
 
Fitriani menambahkan tujuan penyelenggaraan Innovation Festival adalah memperkenalkan hasil kinerja dan layanan dari masing-masing unit eselon II kepada seluruh pegawai Setjen DPD RI dan pihak terkait.
 
Selain itu, acara tersebut juga sebagai ajang peningkatan budaya kerja dalam rangka memacu semangat seluruh unit eselon II untuk saling berbaur dan berkolaborasi.
Baca juga: Setjen DPD luncurkan aplikasi JDIH permudah akses produk hukum
Baca juga: Ketua DPD RI ingatkan pentingnya reformasi birokrasi pada era disrupsi
 

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023