Jakarta (ANTARA) - Manchester City mengamankan tiga poin saat mengalahkan Newcastle United dengan skor 2-0 dalam matchday ke-26 Liga Inggris di Etihad Stadium, Manchester pada Sabtu malam WIB.

Phil Foden membuka skor untuk City di babak pertama sebelum Bernardo Silva menggandakan keunggulan di babak kedua.

Kemenangan ini membuat City terus menempel Arsenal di puncak klasemen sementara dengan 58 poin, tertinggal dua angka. Sementara itu, Newcastle tetap berada di urutan ke-5 dengan raihan 41 poin, demikian catatan laman resmi Liga Premier Inggris.

Manchester City langsung mengancam saat laga baru masuk satu menit. Jack Grealish mengirimkan umpan lambung ke depan gawang sebelum disundul Gundogan, tetapi masih melayang tipis dari sasaran.

Baca juga: Manchester City menang telak 4-1 di markas Bournemouth

City mendapatkan peluang lagi pada menit ke-12, tendangan bebas Kevin De Bruyne di depan kotak penalti masih belum on target karena melambung tinggi dari gawang Nick Pope.

The Citizens berhasil membuka keunggulan tiga menit kemudian. Phil Foden mencatatkan namanya di papan skor. Foden mendapatkan umpan lambung dari Rodri pada sisi kiri sebelum melakukan solo run dan menaklukkan Pope untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Newcastle United nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-16. Longstaff melepaskan tembakan di depan gawang, tetapi gawang City masih selamat karena blok yang dilakukan Nathan Ake.

Baca juga: Guardiola bela Haaland yang dinilai sejumlah pihak sedang menurun

Newcastle selanjutnya coba lebih menekan, tetapi kesulitan untuk menembus pertahanan tuan rumah.

City mendapatkan peluang pada menit ke-36. De Bruyne mengirimkan umpan lambung ke depan gawang yang bisa disambar Haaland dengan tandukannya, tetapi arah bola masih melenceng tipis dari gawang tim tamu.

Tidak ada gol tambahan sampai babak pertama berakhir. Manchester City sementara unggul 1-0.

Selepas jeda istirahat, Newcastle lebih sering menguasai bola, tetapi tempo pertandingan berjalan lebih lambat.

Newcastle mendapatkan peluang pada menit ke-63. Issak menusuk ke kotak penalti dan melepaskan tembakan yang masih bisa diblok Ruben Dias.

Meski mendapatkan tekanan, City justru bisa menambah keunggulan mereka menjadi 2-0 pada menit ke-67. Pemain pengganti, Bernardo Silva mencatatkan namanya di papan skor lewat tendangannya setelah menerima umpan dari Haaland.

Foden nyaris mencetak gol keduanya di pertandingan ini pada menit ke-86. Bermula dari permainan satu-dua Grealish dan Haaland, bola kemudian diberikan ke Foden yang tidak terkawal di sisi kanan, tetapi tendangannya masih bisa ditepis oleh Pope.

Tidak ada skor tambahan tercipta sampai laga selesai. The Citizens raih tiga poin dengan kemenangan 2-0.

Susunan pemain
Manchester City (4-2-3-1): Ederson; Manuel Akanji, Ruben Dias, Nathan Ake; Kyle Walker, Rodri; Phil Foden, Kevin De Bruyne (Bernardo Silva 65'), Ilkay Gundogan, Jack Grealish; Erling Haaland

Newcastle United (4-3-3): Nick Pope; Kieran Trippier, Jamaal Lascelles, Sven Botman, Dan Burn (Matt Targett 87'); Sean Longstaff (Joe Willock 62'), Bruno Guimaraes, Joelinton; Miguel Almiron (acob Murphy 77'), Callum Wilson (Alexander Isak 62'), Anthony Gordon (Allan Saint-Maximin 62').

Baca juga: Tekuk Bristol 3-0, Manchester City lolos ke perempat final Piala FA

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023