Huya Berkolaborasi dengan Broadcaster dan Mitra Domestik serta Internasional untuk Menjalankan Inisiatif CSR

Guangzhou, China (ANTARA/PRNewswire)- Pada 4 Maret 2023, tepatnya di malam hari, HUYA Inc. ("Huya" atau "Perusahaan"), platform game live streaming terkemuka di China, menggelar perayaan tahunan "HUYA Boom Night" di Cotai Arena, Venetian Macao, Macau, China Selatan. Di acara ini, jajaran selebritas ternama dan broadcaster populer di Huya mempersembahkan penampilan menarik, serta menampilkan pengalaman interaktif yang tak terlupakan, baik bagi audiens yang hadir di lokasi acara dan mengikuti acara secara virtual. Di perayaan tahunan ini, Li Meng, Senior Vice President, Huya, dan Chief Executive Officer, Nimo TV, memaparkan langkah Huya dalam menerapkan model inovatif "live streaming-empowered" demi kepentingan publik, termasuk untuk revitalisasi pedesaan, pemberdayaan generasi muda, membangkitkan cagar budaya tak benda, keamanan siber, serta pelestarian hewan. Dia juga menyerahkan penghargaan "Broadcaster of the Year for Positive Social Impact", "Partner of the Year for Public Good", serta "Co-Brand of the Year for Public Good" kepada broadcaster Huya, serta mitra domestik dan internasional yang telah bertahun-tahun mengembangkan platform ini sebagai bagian dari sebuah misi, yakni membangun ekosistem yang mendatangkan dampak sosial positif.

Praktik Huya untuk berkontribusi pada kepentingan umum memiliki tiga target

Di "HUYA Boom Night", acara yang menampilkan ide positif lewat live streaming, Huya, lewat video pendek, menampilkan kilas balik program tanggung jawab sosial (CSR) dalam lima tahun terakhir. 

Misalnya, program "Let Your Dreams Set Sail" yang mendukung broadcaster dari kalangan disabilitas. Huya, bekerja sama dengan lembaga disabilitas tingkat provinsi, yayasan nasional yang melakukan penggalangan dana, lembaga nonpemerintah, lembaga amal, dan pihak-pihak lain, menyediakan kesempatan kerja dan berwirausaha. Untuk itu, Huya membantu kalangan disabilitas mengembangkan keahlian dan keterampilan penting. Model inovatif "live streaming-empowered" juga menginspirasi dan mendorong sekelompok streamer disabilitas, termasuk Qi Zai, sosok yang mengubah hidupnya setelah menjadi game streamer; serta, Jin Kai, sosok yang menciptakan masa depannya sendiri berkat sikap optimis dan kepribadiannya yang menarik. Lebih lagi, Huya secara khusus membuat "Live Streaming Handbook" bagi broadcaster disabilitas. Dengan demikian, Huya menjadi platform live streaming pertama di Tiongkok yang menerbitkan publikasi tersebut.

"Huya melaksanakan inisiatif CSR dengan tiga target. Target pertama, membuat pencapaian yang bermanfaat bagi pengguna platform dan masyarakat luas. Target kedua, kami ingin meningkatkan kesadaran publik tentang tanggung jawab sosial lewat live streaming, format komunikasi yang relatif modern untuk menyampaikan pesan tersebut. Dan, target ketiga, kami berupaya mengintegrasikan beragam genre konten dengan live streaming lewat cara-cara yang berkontribusi bagi masyarakat," jelas Li Meng, Senior Vice President, Huya, dan Chief Executive Officer, Nimo TV.

Huya gencar melaksanakan inisiatif CSR lewat kolaborasi dengan mitra global 

Dalam beberapa tahun terakhir, isu keberlanjutan, peradaban ekologi dan keanekaragaman hayati telah menarik perhatian dunia. Kesadaran publik tentang lingkungan hidup juga meningkat, dan masyarakat berangsur-angsur menyadari isu lingkungan hidup dan risiko terkait. Huya pun berhasil menarik perhatian luas tentang pentingnya pelestarian alam dan konservasi hewan dengan mengandalkan model inovatif "live streaming-empowered", serta melaksanakan inisiatif CSR secara global.

Pada 2022, Huya bekerja sama dengan lembaga nonpemerintah domestik dan internasional, termasuk TRAFFIC, International Fund for Animal Welfare (IFAW), dan China Wildlife Conservation Association (CWCA), untuk meluncurkan program "Protect Our Home Planet". Program ini ingin meningkatkan kesadaran publik tentang pencegahan dan penolakan perdagangan satwa liar ilegal di internet. Di sisi lain, program ini mempromosikan keselarasan antara manusia dan alam. Sebagai bagian dari program ini, Huya mengadakan kegiatan tentang konservasi harimau liar. Selebritas dan e-sport broadcaster turut diundang dan didorong agar memanfaatkan pengaruhnya untuk mengangkat isu konservasi satwa liar. Sementara, lembaga nonpemerintah dan e-sport broadcaster lebih mudah menjalin komunikasi dua arah dengan warganet, serta menyampaikan pesan tentang pelestarian keanekaragaman hayati dan isu keberlanjutan.

Salah satu aktivitas utama dari program ini adalah lomba lukis "Protect Our Home Planet". Lomba ini menerima ratusan karya, termasuk karya kreatif dari ilustrator dan seniman yang menderita autisme, serta karya amatir dari relawan Huya, serta broadcaster dan penggemarnya. Karya-karya ini mencerminkan kesadaran mereka tentang konservasi satwa liar sekaligus menggunakan pendekatan yang menghibur.

Lewat bisnis internasional Huya—Nimo TV menyalurkan sarana bermanfaat di pasar Asia Tenggara dan Timur Tengah serta Afrika, Huya berencana berkolaborasi dengan mitra-mitra di dalam dan luar negeri, serta membuat inisiatif CSR menjadi lebih beraneka ragam dan inklusif. Tujuannya, meningkatkan keterlibatan pengguna domestik dan internasional dengan model "live streaming-empowered".

Dengan membuat beragam konten CSR "live streaming-empowered", broadcaster HUYA ikut membangun ekosistem yang lebih luas untuk dampak sosial yang positif

Selain menyebarluaskan pentingnya kepedulian terhadap golongan disabilitas, serta pelestarian alam dan satwa liar, Huya juga membangun ekosistem konten yang lebih komprehensif, dan menyuarakan dampak sosial yang positif. Upaya ini terlihat dari beberapa kegiatan Huya, termasuk acara "Keeping You Safe" yang mengangkat peningkatan mutu pendidikan lewat perilaku pemuda yang aman, kuliah daring tentang mengenali dan mencegah tindak penipuan daring, serta program khusus yang meningkatkan kesadaran publik tentang pelestarian cagar budaya tak benda. Di saat bersamaan, dengan teknologi realitas virtual, Huya membuat galeri digital tentang CSR di acara live broadcasting turnamen e-sports sehingga mewujudkan pengalaman imersif bagi audiens e-sports. Langkah ini turut menghadirkan berbagai peluang kegiatan CSR sekaligus menyampaikan semangat positif e-sports.

Banyak broadcaster populer Huya juga mengeksplorasi konten CSR yang diminati pengguna. Misalnya, ketika Hari Harimau Sedunia pada 2022, Zhang Daxian berkolaborasi dengan IFAW dan berbagi wawasan kepada audiens tentang konservasi harimau liar, serta pelestarian habitat liarnya lewat live broadcast yang menarik. Sha Yu Yo, sebagai duta pameran dan lomba lukis "Protect Our Home Planet", berinteraksi dengan audiens, serta mengajak mereka agar terlibat dalam pelestarian alam. Guna mendukung petani dan sektor pertanian, broadcaster Buqiuren mengadakan live broadcast untuk mempromosikan dan membantu penjualan komoditas pertanian dari Wuhua, Kota Meizhou, Provinsi Guangdong, Tiongkok Selatan. Hasilnya, lebih dari 21.000 pesanan pun diraih Buqiuren. Lebih lagi, broadcaster Gu Ying ikut membantu penjualan komoditas pertanian Xuwen, Kota Zhanjiang, Provinsi Guangdong, tempat yang dijuluki "kota nanas" di China. Omzetnya bahkan menembus RMB 3,4 juta. Kini, semakin banyak broadcaster bergabung dengan Huya dalam inisiatif CSR.

Huya mengajak berbagai orang dan mitra agar bergabung dalam inisiatif CSR

Di perayaan tahunan "HUYA Boom Night", Huya menyerahkan penghargaan penting dalam bidang kepedulian publik, dan Zhang Daxian, Gu Ying, Buqiuren, Sha Yu Yo, Qing Wa, Wan Zi Yo berhasil meraih penghargaan "Broadcaster of the Year for Positive Social Impact", sedangkan, CWCA, IFAW, dan TRAFFIC meraih gelar "Partner of the Year for Public Good", serta lembaga amal dalam naungan LPL, "LPL Cares", memenangkan penghargaan "Co-Brand of the Year for Public Good".

Secercah cahaya dapat terlihat di tengah kegelapan malam. Lewat kolaborasi, setiap orang dapat menjalani peran masing-masing, serta menyumbangkan manfaat yang luar biasa. "Kami ingin menciptakan model sosial yang baik bagi perusahaan yang berinteraksi dengan platformnya, broadcaster, agen pencari bakat, pengguna, relawan, dan lembaga nonpemerintah. Dengan demikian, kita semua dapat berpartisipasi dalam inisiatif CSR," lanjut Li Meng.

Berdasarkan komitmennya untuk kepentingan publik, Huya telah menggelar lebih dari 21.600 kegiatan live streaming yang mencapai durasi lebih dari 250.000 jam, serta menjangkau sekitar 20 topik dan melibatkan lebih dari 30.000 streamer. Seluruh upaya ini turut membangun landasan kuat untuk program CSR mendatang. Huya pun akan terus membuat konten yang lebih positif lewat kolaborasi dengan mitra domestik dan internasional. Tujuannya adalah membina perkembangan Internet yang sehat dan positif dengan menerapkan inisiatif CSR.

Tentang HUYA Inc.

HUYA Inc. adalah platform game live streaming terkemuka di China yang didukung komunitas game live streaming yang besar dan aktif. Huya bekerja sama dengan penyelenggara kegiatan e-sports, serta pengembang dan penerbit game terkemuka. Huya juga mengembangkan e-sports live streaming sebagai salah satu genre konten terpopuler pada platformnya. Huya berhasil menciptakan komunitas penggemar game yang dinamis, interaktif, dan menarik bagi generasi muda China. Mengandalkan kesuksesannya di sektor game live streaming, Huya juga memperluas kontennya hingga meliputi genre konten hiburan lain. Platform terbuka Huya pun berfungsi sebagai marketplace bagi broadcaster dan agen pencari bakat untuk berinteraksi dan berkolaborasi dengan perusahaan ini.

Source : HUYA

Press Contact

NARAHUBUNG: Stefanie Wang, wangwei11@huya.com

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023