Jakarta (ANTARA) - Salah satu tim liga 2 di musim kompetisi 2022/2023, Karo United, menyatakan bahwa keputusan untuk tidak melanjutkan kompetisi musim ini merupakan hasil keputusan bersama seluruh peserta Liga 2 yang diambil saat Sarasehan Sepakbola Indonesia di Surabaya, Jatim, Sabtu (4/3).

CEO Karo United Effendi Syahputra mengatakan, kompetisi kasta kedua sepakbola Indonesia itu sudah disepakati untuk tidak dilanjutkan oleh semua klub yang terlibat, hingga oleh PSSI.

Liga 2 2022-2023 resmi tidak akan dilanjutkan setelah PSSI menerima masukan dari seluruh tim peserta Liga 2 yang hadir di sarasehan tersebut.

Effendi Syahputra yang memberikan dukungan penuh terkait pemberhentian Liga 2 2022-2023, menyatakan terdapat beberapa faktor yang membuatnya mendukung keputusan itu.

"Tidak dilanjutkannya Liga 2 itu adalah hasil konsensus dan kesepakatan bersama seluruh peserta klub Liga 2," kata Effendi kepada media via telepon, Minggu.

Menurutnya, sebagai Ketua Umum PSSI, Erick Thohir telah memberikan waktu kepada Tim Liga 2 untuk merumuskan keberlanjutan Liga 2 2022-2023.

"Dan diputuskan bersama oleh seluruh peserta untuk tidak melanjutkan, karena memang kondisi waktu yang mepet, kita mau puasa dan lebaran, Liga 1 juga sudah mau habis, musim baru mau mulai, mau ada Piala Dunia (U-20) juga," ujar Effendi.

Banyak hambatan tersebut, lanjut Effendi, membuat seluruh pihak sepakat untuk menghentikan gelaran Liga 2 2022-2023.

"Mulai musim baru (November) juga kesepakatan kita supaya ada waktu untuk mempersiapkan, termasuk mempersiapkan operator Liga 2," kata Effendi.

Lebih lanjut, Effendi Syahputra mengatakan, semua klub telah melakukan diskusi terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan itu. Yang mana, keputusan tersebut pada akhirnya disetujui oleh Ketum PSSI yakni Erick Thohir.

"Ya, ini kesepakatan klub Liga 2 yang kemudian di-oke-in sama pak Erick, jadi jangan dibalik," ujar Effendi.

Untuk menggantikan Liga 2 yang sebelumnya dihentikan oleh kepengurusan lama PSSI pada 12 Januari 2023 itu, akan ada turnamen pramusim sebelum kompetisi kasta kedua tersebut digelar musim depan.

Turnamen pramusim itu pun direncanakan akan dilaksanakan pada Juli-September 2023 mendatang, sementara Liga 2 musim depan sendiri akan dimulai kembali pada November 2023.

Effendi Syahputra pun turut berkomentar mengenai adanya turnamen pramusim tersebut. Dirinya mengaku mendukung penuh gelaran tersebut dan menegaskan jika Karo United siap untuk mengikuti kompetisi itu.

"Akan ada pre-season, dan nanti itukan program PSSI. Kita pasti dukung dan mungkin akan ikut serta di pre-season itu," kata Effendi.

Baca juga: Klub-klub Liga 2 sepakat memulai musim baru, tidak lanjutkan 2022-2023
Baca juga: Semen Padang FC : Pembubaran Liga 2 2022 sudah tepat


Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2023