Bukittinggi, - (ANTARA) -
Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat mengungkap dalam 40 hari sebanyak 740 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berhasil memanfaatkan Rp 6,8 miliar pinjaman tanpa bunga pada Tabungan Utsman yang digagas wali kota setempat.
 
"Sejak pembiayaan perdana Januari 2023 lalu perkembangan realisasi program tabungan utsman hingga 3 Maret 2023 atau dalam waktu 40 hari mencapai Rp 6,8 miliar. Jumlah itu merupakan jumlah total pembiayaan yang bervariasi dari 740 nasabah," kata Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, Selasa.
 
Ia menyampaikan Pemerintah Kota Bukittinggi bersama Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Jam Gadang (Perseroda), terus berupaya membangkitkan perekonomian masyarakat.
 
Salah satunya melalui program Tabungan Utsman yang merupakan wujud dari pembiayaan tanpa bunga dan tanpa agunan.
 
"Dengan program Tabungan Utsman ini, masyarakat dapat memanfaatkan pembiayaan secara syariah," katanya.
 
Ia menegaskan tidak ada bunga dan agunan dan nasabah hanya membayar atau mencicil pinjaman pokok saja dengan sistem menabung.
 
Ia menargetkan tabungan itu dilanjutkan dengan penambahan biaya modal agar dapat digunakan secara maksimal oleh warga Bukittinggi.
 
"Kami targetkan di 2023 Tabungan Utsman dapat dimanfaatkan untuk 3.000 UMKM, Pemkot sudah anggarkan Rp 2,5 miliar dan akan menambah Rp 500 juta lagi, semoga berkah dan bisa membantu warga kita untuk berusaha," katanya.
 
Direktur Utama BPR Syariah Jam Gadang, Feri Irawan mengatakan pembiayaan dan Tabungan Utsman diharapkan menjadi salah satu jalan menolong masyarakat yang berusaha mencari nafkah dengan menghindari jalur rentenir dan riba.
 
"Sesuai namanya, Utsman Bin Affan yang mewakafkan hartanya yang merupakan pengusaha dan penolong terkenal serta salah seorang sahabat nabi besar Muhammad, kita harap masyarakat terbantu dengan ini," katanya.
 
Ia menyebut dari data BPRS Jam Gadang, Tabungan Utsman telah dimanfaatkan oleh 2.469 nasabah.
 
"Data itu dicatat dari awal peluncuran Tabungan Utsman pada Maret 2022 lalu hingga 3 Maret 2023, dengan realisasi dana sebesar Rp 19,3 miliar lebih,"sebutnya.
 
 
Baca juga: Ratusan UMKM Sumatera Barat dukung Sandi Uno maju di Pilpres 2024

 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023