Padang (ANTARA) - Ratusan pelaku UMKM dan Emak-emak yang mengatasnamakan Gerbong Pecinta Sandi Sumatera Barat menggelar pelatihan pembuatan sabun cuci piring rumahan yang dihadiri pelaku UMKM, Emak-emak dan para millenial di Bukittinggi, Sumatera Barat.

Baca juga: Sandiaga Uno dukung rencana pembukaan kawasan Monas bagi wisatawan

Ketua Umum Gerbong Pecinta Sandi, Eka Maritim, dalam keterangan tertulis di Padang, Minggu mengatakan pelatihan ini untuk memberikan wawasan tentang peluang usaha rumahan.

Menurutnya kegiatan ini dapat dipraktekkan kepada peserta untuk menunjang perekonomian keluarga. "Pelatihan ini diberikan karena kebutuhan masyarakat tidak terlepas dari mencuci piring setiap harinya, dengan pelatihan ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," kata dia.

Baca juga: Kemenparekraf ikut bursa pariwisata di India, dukung kehadiran wisman

Kegiatan pelatihan ini digelar di Rumah Pohon Sianok Bukittinggi, Desa Sianok Anam Suku, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Minggu (5/6).

Ia mengatakan pelatihan ini disambut antusias oleh masyarakat yang hadir sehingga pelatihan ini akan terus dilakukan ke tingkat kabupaten hingga kecamatan. "Pelatihan ini akan dibangun dan selanjutnya kita akan mengadakan pelatihan ke tingkat kabupaten dan kecamatan Sumatera Barat," kata dia.

Baca juga: Sandiaga dukung pengembangan Kota Salatiga jadi destinasi gastronomi

Salah seorang pelaku UMKM Gadis Ranti menyatakan dukungannya terhadap Sandiaga Uno menjadi presiden 2024. Dia pun mengaku kehadirannya karena Sandiaga dapat membuka peluang usaha baru kepada masyarakat.

"Saya mendukung Bapak Sandi sesuai keinginan saya, karena diadakan pelatihan pembuatan sabun supaya kami bisa membuka usaha rumahan," kata dia.

Baca juga: Emak-emak UMKM Temanggung dukung Sandiaga maju Pilpres 2024

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022