Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh menyalurkan bantuan kemanusiaan senilai Rp400 juta untuk para korban yang tertimpa musibah gempa di Turki dan donasi tersebut dikumpulkan dari ASN serta warga di ibu kota provinsi itu.

"Untuk tahap awal, donasi yang terkumpul dari seluruh ASN Pemko Banda Aceh dan warga mencapai Rp400 juta," kata Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq, di Banda Aceh, Selasa.

Bantuan kemanusiaan Rp400 juta tersebut disalurkan kepada Pemerintah Aceh melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), nantinya akan dikirim langsung setelah semua sumbangan terkumpul dari 23 kabupaten/kota seluruh Aceh.

Bakri Siddiq mengatakan hubungan Aceh dan Turki sangat dekat, bahkan bantuan mereka untuk Tanah Rencong sejak zaman peperangan sudah tak terhitung nilainya, terlebih saat bencana gempa dan tsunami melanda Aceh 2004 silam.

Baca juga: PPA kirim tim distribusikan bantuan bagi korban gempa Turki

Baca juga: Muhammadiyah hibahkan rumah sakit lapangan ke Pemerintah Turki


Dirinya berharap, bantuan tersebut dapat membantu meringankan beban masyarakat Turki yang tertimpa musibah gempa tersebut.

Bakri menegaskan, bantuan tidak berhenti sampai disini, pihaknya masih terus melakukan penggalangan, semua ini adalah bentuk solidaritas masyarakat Banda Aceh untuk Turki.

"Kita turut prihatin atas musibah itu dan terus mengumpulkan lagi bantuan untuk meringankan beban mereka. Ini sebagai bentuk solidaritas kita pastinya," ujar Bakri Siddiq.

Sementara itu, Kepala BPBA Ilyas menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemko Banda Aceh yang telah turut serta menyalurkan donasi bagi rakyat Turki.

"Atas nama Pemprov Aceh kami mengucapkan terima kasih kepada Pemko dan masyarakat Banda Aceh. Amanah ini akan kita sampaikan atas nama Aceh," kata Ilyas.

Dalam kesempatan ini, Ilyas menyebutkan bahwa sejauh ini sudah ada lima daerah kabupaten/kota di Aceh yang telah menyalurkan bantuan untuk Turki, yaitu Aceh Besar, Sabang, Bireuen, Langsa, dan Banda Aceh.

"Totalnya sudah Rp5 miliar, belum lagi dari DWP Aceh, Bank Aceh, dan Banda Aceh kita jumlahkan. Besok mungkin sudah Rp6 miliar. Jika semua sudah menyerahkan, maka segera kita antarkan ke Turki," demikian Ilyas.*

Baca juga: Gempa terbaru Turki tewaskan satu orang, lukai 69 orang

Baca juga: KBRI Ankara kembali distribusikan bantuan bagi WNI terdampak gempa

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023