Banyuwangi (ANTARA) - PT Perkebunan Nusantara XII menanam ribuan bibit pohon tanaman keras di Kebun Jatirono kawasan Gunung Raung Kabupaten Banyuwangi sebagai upaya memberikan kontribusi isu lingkungan.

Kegiatan penanaman bibit pohon di Dusun Gunung Raung, Desa Kajarharjo, Kecamatan Kalibaru ini, PTPN XII bekerja sama dengan PTPN X, PTPN XI dan PT KAI Jember dalam rangkaian kegiatan "Bakti BUMN".

"Secara umum kami lakukan konservasi lahan ada 2.500 bibit pohon yang kami tanam, di antaranya bibit pohon beringin, jambu, mangga, durian, alpukat, rambutan dan aneka fikus," ujar SEVP Bussines Support PT Perkebunan Nusantara XII, Tri Septiono dalam keterangan tertulisnya, Selasa.

Dia menjelaskan penanaman bibit pohon itu sebagai bentuk untuk upaya konservasi lahan perkebunan PTPN XII, seperti meningkatkan daya serap hujan sehingga tidak terjadi longsor maupun mengurangi risiko banjir.

Tak hanya menanam bibit pohon tanaman keras untuk penghijauan, lanjut Tri Septiono, tapi juga membagikan paket sembako gratis, dan kegiatan BUMN mengajar hingga kegiatan di bidang kesehatan dan pendidikan.

Kegiatan "Bakti BUMN" di Banyuwangi itu terdiri dari berbagai kegiatan hasil kolaborasi dengan berbagai anak perusahaan BUMN.

"Penanaman ribuan bibit pohon tanaman keras di Kebun Jatirono, ini kami juga melibatkan para relawan "Bakti BUMN" dan masyarakat sekitar," katanya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Banyuwangi, Dwi Yanto mengapresiasi kegiatan penanaman pohon tersebut, karena dia mengaku sedang fokus melakukan reboisasi untuk mencegah banjir.

"Seperti melakukan konservasi tanaman keras agar bisa menahan laju hujan agar tidak menggerus tanah," ujar dia.

Dwi Yanto menambahkan program "Bakti BUMN" itu sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat Banyuwangi.

Untuk itu, pihaknya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan "Bakti BUMN" tersebut.

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023