Garut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat  memasarkan produk kerajinan khas Garut yakni akar wangi dan fesyen bahan kulit di Malaysia yang diharapkan mendongkrak penjualan yang tidak hanya di dalam negeri melainkan ke pasar mancanegara.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Garut, Nia Gania Karyana mengatakan, produk khas dari Garut itu dipasarkan melalui kegiatan Nusantara Music and Johor Food Festival 2023 pada 3-5 Maret 2023 di Stadium Tertutup Majlis Bandaraya Pasir Gudang, Johor, Malaysia.

"Produk dari Kabupaten Garut tersebut di acara Nusantara Music and Johor Food Festival 2023 diharapkan dapat menjadi perhatian bahwa produk-produk IKM dari Kabupaten Garut memiliki kualitas dan keunikan," kata Gania melalui siaran pers di Garut, Rabu.

Ia menuturkan Kabupaten Garut memiliki cukup banyak industri kecil menengah dengan berbagai jenis produk yang menarik yakni batik, akar wangi, dan fesyen seperti jaket maupun tas dari bahan kulit.

Produk itu, kata dia, mendapatkan kesempatan untuk dipamerkan di ajang bergengsi Malaysia, sehingga nanti dampaknya bisa lebih luas pemasarannya di pasar mancanegara.

"Memperluas pasar bagi produk-produk ini, juga dapat menjadi jalan bagi produk-produk IKM Kabupaten Garut yang lain untuk semakin dikenal di pasar mancanegara," katanya.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Garut, Diah Kurniasari mengatakan, Kabupaten Garut berpartisipasi dengan memamerkan produk dari para pelaku IKM binaan Disperindag ESDM Garut dan Dekranasda Garut.

Menurut Diah, Kabupaten Garut dikenal sebagai daerah penghasil akar wangi kualitas nomor satu di Indonesia. Akar wangi itu biasanya diolah untuk menghasilkan minyak atsiri akar wangi.

Selain menghasilkan minyak atsiri, kata dia, oleh pelaku IKM di Garut mampu mengubah tanaman akar wangi menjadi suatu kreasi yang memiliki nilai jual, seperti hiasan dinding, tas, dompet, dan produk unik lainnya.

Produk kulit itu selain ikut dipamerkan di Malaysia, juga pernah berpartisipasi di ajang internasional yakni Lineapelle Leather Fair Tahun 2022 di Milan, Italia.

Ia menambahkan, kerajinan kulit Garut  menjadi perhatian pasar mancanegara karena kualitas produknya tidak diragukan lagi.

Sementara itu, kegiatan Nusantara Music & Johor Food Festival 2023 merupakan festival yang menyatukan keberagaman dalam satu acara dengan menampilkan keunikan seni musik, tarian, budaya dari tiga negara yaitu Malaysia, Indonesia, dan Singapura.


Baca juga: Masker kulit dari Garut mulai diminati pasar sejak darurat COVID-19

Baca juga: Bupati: Kerajinan khas Garut akan dipamerkan di Inggris

 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023