Kendari (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi mendukung pengembangan Bank Pembangunan Daerah (BPD) atau Bank Sultra di Kabupaten Muna Barat guna mendorong pertumbuhan perekonomian daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut.

"Sudah semestinya kita semua mendukung peningkatan Bank Sultra antara lain dengan cara menggunakan jasa layanan dan produk-produk Bank Sultra dalam aktivitas perbankan kita, baik kaitannya dengan kebutuhan pribadi maupun secara institusi," kata Gubernur Ali Mazi dalam keterangan tertulisnya diterima di Kendari, Kamis.

Gubernur Sultra Ali Mazi didampingi Penjabat Bupati Muna Barat Bahri, Direktur Utama Bank Sultra Abdul Latif meresmikan Gedung Baru Kantor Bank Sultra Cabang Pembantu Kambara di Kabupaten Muna Barat.

Dia menyampaikan, pentingnya mendukung pengembangan Bank Sultra yang merupakan badan usaha milik daerah (BUMD) Pemerintah Sulawesi Tenggara karena berfungsi memberikan pelayanan kepada masyarakat dari sektor jasa keuangan.

"Sekaligus menjadi lembaga perbankan yang diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pendapatan asli daerah atau PAD," ucap Ali Mazi.

Gubernur dua periode tersebut mengajak semua pihak agar menjadikan Bank Sultra sebagai salah satu lembaga pembiayaan bagi dunia usaha, baik berupa investasi maupun produksi.

Pengembangan bank Sultra yakni dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, di semua wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, tidak terkecuali di Kabupaten Muna Barat.

"Saya mengajak kepada seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Muna Barat, DPRD, Forkompida, para pemangku kepentingan terkait untuk bersungguh-sungguh mendukung peningkatan Bank Sultra,” ucap Gubernur Ali Mazi.

Dia optimistis melalui dorongan serta perhatian bersama, maka di masa mendatang Bank Sultra dapat menjadi tuan rumah di daerah sendiri karena mampu bersaing secara sehat dengan bank-bank lain.

Dia berharap hadirnya gedung baru, dapat semakin meningkatkan kinerja dan menambah semangat kerja jajaran manajemen Bank Sultra, khususnya yang bertugas di Kantor Cabang Pembantu Kambara dalam memaksimalkan pelayanan kepada nasabah, sekaligus memantapkan peran bank tersebut dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah tersebut.

Gubernur juga memberikan apresiasi terhadap program dan kinerja manajemen Bank Sultra di bawah pimpinan Direktur Utama Bank Sultra Abdul Latif yang terus mengupayakan peningkatan peran bank BUMD tersebut di seluruh wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, termasuk di Kabupaten Muna Barat.

Baca juga: BI upayakan Bank Sultra memiliki izin penggunaan QRIS di tahun 2023

Baca juga: Gubernur harap Bank Sultra beri dampak signifikan pertumbuhan ekonomi

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023