Manado (ANTARA) - Sebanyak 49 calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara menjalani tes psikologi, kata Ketua Tim Seleksi Dr. Viktory N. J. Rotty, M.Teol.

"Mereka yang mengikuti tahapan ini sebelumnya telah melaksanakan tes tertulis berbasis CAT," sebut Viktory di Manado, Kamis.

Tes psikologi ini dilaksanakan di Rumah Sakit Wolter Monginsidi bekerja sama dengan Tim Psikologi Angkatan Darat.

"Kami mengharapkan agar pelaksanaan tes ini berjalan lancar. Mari menciptakan kondisi yang semenyenangkan mungkin," harap Viktory.

Ketua Tim Pemeriksa Psikologi Dra. Rokhmi Handayani menjelaskan bahwa mekanisme pelaksanaan tes psikologi kepada peserta seleksi calon anggota KPU.

"Sebetulnya tes psikologi ini tidaklah sulit, apalagi tujuan tes ini untuk mengukur potensi dan kompetensi para calon anggota KPU Provinsi Sulawesi Utara," katanya.

Tahapan tes psikologi ini, kata dia, mencakup tiga metode penilaian, yaitu aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek konatif.

"Hal ini penting dalam menyeleksi kandidat yang akan menduduki jabatan penting di KPU Provinsi Sulawesi Utara. Oleh karena itu, dibutuhkan orang-orang yang mempunyai komitmen kuat dan berintegritas," ujarnya.

Tes yang dilaksanakan tepat pada pukul 07.30 Wita ini berlangsung kurang lebih 4 jam, semua peserta tampak serius mengikuti tahapan seleksi ini.

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023