untuk menggencarkan bantuan hukum pro bono atau layanan bantuan hukum cuma-cuma secara profesional kepada warga tidak mampu
Jakarta Raya (ANTARA) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi) Otto Hasibuan melantik Johannes L Tobing sebagai Ketua DPC Peradi Jakarta Timur periode 2022–2027 beserta jajarannya di Jakarta.

Otto juga melantik jajaran Komisi Pengawas (Komwas) Advokat Daerah Peradi Jaktim 2022–2027 yang diketuai oleh Hulman Panjaitan serta pengurus Pusat Bantuan Hukum (PBH) Peradi Jaktim 2022–2025 yang dipimpin Anggiat Gabe Maruli Tua Sinaga.

"Selamat kepada Ketua DPC Peradi Jaktim, Komisi Pengawas, dan PBH beserta seluruh jajarannya yang telah dilantik,” kata Otto dalam siaran resmi Kamis.

‎Dalam sambutannya, Otto mengingatkan seluruh pengurus DPC dan anggota untuk menjadikan Peradi sebagai wadah tunggal organisasi advokat (single bar) sebagaimana amanat Undang-Undang Advokat Nomor 18 Tahun 2003 untuk melindungi para pencari keadilan.

"Peradi adalah single bar yang menjadi satu keharusan,” ucapnya.

Otto menyampaikan, Peradi selaku single bar mempunyai delapan kewenangan ‎yang diberikan negara melalui UU Advokat yang juga tercermin dalam logo Peradi.

"Itu ada delapan tarikan garis yang melambangkan kami memiliki delapan kewenangan yang diberikan UU kepada Peradi. Adapun bulat, itu sebagai single bar, wadah tunggal,” katanya.

Otto turut berpesan kepada pengurus PBH Peradi Jaktim untuk menggencarkan bantuan hukum pro bono atau layanan bantuan hukum cuma-cuma secara profesional kepada warga tidak mampu.

"Berikan bantuan hukum yang kelas satu, first class," kata Otto.

Dalam seremoni pelantikan itu, Ketua DPC Peradi Jakarta Timur Johannes meminta agar seluruh pengurus berjumlah 240 orang mengenakan baju adat asal daerahnya masing-masing guna merepresentasikan keberagaman advokat di Nusantara.

‎“Walaupun kami menggunakan baju adat masing-masing berbeda, tapi di dalam hati dan pikiran kami, advokat itu harus bersatu sebagaimana Bapak Ketum kumandangkan, kita boleh berbeda dalam adat, tapi dalam organisasi advokat, kami bersatu,” ujar Johannes.

Wali Kota Jaktim, ‎Muhammad Anwar berharap selain memberikan layanan hukum, DPC Peradi juga dapat membantu pemerintah kota dalam memberikan edukasi hukum kepada warga.

"Mudah-mudahan hadirnya Peradi bisa menyelesaikan masalah hukum di Jakarta Timur,” kata ‎Muhammad Anwar.
Baca juga: Otto Hasibuan pertanyakan hak moral dan hak ekonomi tidak bisa dipisah
Baca juga: Peradi-MB diskusikan soal hukum di Indonesia-Malaysia
Baca juga: Peradi ingatkan anggota baru junjung tinggi kehormatan dan integritas

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023