Ajang World Expo 2025 menjadi pasar penting bagi produk halal Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebutkan ajang World Expo 2025 di Osaka, Jepang, menjadi peluang pasar bagi penjualan produk-produk halal Indonesia.

"Nanti, tahun 2025 di Osaka akan ada World Expo, karena itu banyak orang-orang asing yang datang ke sana dan butuh pelayanan produk-produk makanan minuman yang halal, di situ ada peluang besar kita untuk makanan," kata Wapres saat memberikan keterangan pers kepada media di dalam pesawat saat perjalanan dari Osaka kembali ke Tanah Air, Kamis.

Wapres menyampaikan ajang World Expo 2025 menjadi pasar penting bagi produk halal Indonesia.

Saat berkunjung ke Kyoto, kata Wapres, dirinya juga bertemu dengan para diaspora yang mengembangkan produk-produk halal, baik impor maupun memproduksi sendiri di Jepang dengan sertifikasi halal Jepang.

Pemerintah ingin mendorong diaspora lebih banyak mengimpor produk halal Indonesia untuk bisa dikembangkan dan dijual, terutama saat World Expo 2025.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta istri Wury Ma'ruf Amin melakukan lawatan ke Jepang selama lima hari yakni 5-9 Maret 2023.

Selama di Jepang, Wapres melakukan sejumlah kegiatan antara lain meresmikan Masjid Istiqlal Osaka di Osaka dan melakukan dialog kebangsaan dengan diaspora Indonesia di Jepang.

Wapres juga melakukan lawatan ke Kyoto yang merupakan sister province Daerah Istimewa Yogyakarta dan melakukan dialog tentang produk halal bersama diaspora pemerhati produk halal.

Selanjutnya, Wapres melakukan audiensi dengan Gubernur Kyoto di Kyoto Guest House serta memberikan kuliah umum di Universitas Kyoto yang merupakan universitas terbaik kedua di Negeri Sakura.

Wapres juga menyaksikan penandatanganan LOI antara KNEKS dan Kyoto University terkait kerja sama keuangan syariah dan melakukan pertemuan dengan President of Kyoto University.

Baca juga: Wapres tiba di Tanah Air dari lawatan ke Osaka dan Kyoto Jepang
Baca juga: Wapres saksikan penandatanganan kerja sama keuangan syariah RI-Jepang
Baca juga: Wapres tegaskan kesiapan Indonesia jadi mitra utama bisnis halal Kyoto

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023