Semoga dengan diterimanya menjadi ASN PPPK maka semangat ibu-bapak bertambah untuk pendidikan terbaik bagi anak-anak bangsa
Jakarta (ANTARA) - Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) mengumumkan hasil seleksi Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2022 untuk jabatan fungsional guru pada hari ini yaitu Kamis (9/3).

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga kependidikan (Dirjen GTK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nunuk Suryani mengatakan pengumuman tersebut secara lengkap dapat diakses oleh para peserta seleksi melalui laman https://sscasn.bkn.go.id/.

“Saya turut berbahagia atas berita baik ini,” katanya di Jakarta, Kamis.

Nunuk menyebutkan terdapat lebih dari 250.300 guru yang lulus seleksi PPPK tahun 2022 dan mendapat penempatan, sehingga diharapkan akan semakin bisa memajukan pendidikan anak-anak Indonesia.

Ia pun menyampaikan terima kasih atas kesabaran para peserta seleksi menunggu hasil pengumuman yang sempat tertunda karena seharusnya dilakukan pada 2 Februari 2023.

Ia sekaligus mengucapkan selamat bagi para peserta yang lulus seleksi dan berharap berita baik ini dapat mendorong semangat bagi para guru untuk mengabdi dan memberikan yang terbaik bagi pendidikan Indonesia.

“Semoga dengan diterimanya menjadi ASN PPPK maka semangat ibu-bapak bertambah untuk pendidikan terbaik bagi anak-anak bangsa,” ujar Nunuk.

Baca juga: Pemerintah akan umumkan hasil seleksi PPPK Guru paling lambat 10 Maret

Ia menjelaskan setelah pengumuman seleksi terdapat tahapan selanjutnya yaitu masa sanggah yang dapat diikuti melalui laman https://sscasn.bkn.go.id/ dimana  pelamar dapat mengajukan atau menyanggah pengumuman hasil seleksi. Prosedur tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 Tahun 2022.

Sementara itu bagi peserta yang belum mendapat penempatan pada proses seleksi kali ini, dapat mengikuti proses seleksi Guru ASN PPPK tahun 2023.

“Komitmen pemerintah dalam memperjuangkan kesejahteraan guru tidak pernah surut, demi pendidikan Indonesia yang lebih baik,” kata Nunuk.

Ia memberikan apresiasi kepada Panselnas serta seluruh pihak yang mengawal dan membantu proses seleksi guru Aparatur Sipil Negara (ASN) PPPK tahun 2022 dari mulai proses pendaftaran hingga pengumuman.

Panselnas sendiri meliputi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB), Badan Kepegawaian Negara (BKN) serta Kemendikbudristek.

“Saya ucapkan terima kasih khususnya KemenpanRB sebagai ketua pengarah, BKN sebagai ketua tim seleksi dan pemerintah daerah yang sudah serius mengajukan formasi,” katanya.

Lebih lanjut Nunuk mengimbau pemerintah daerah agar berpartisipasi aktif, termasuk daerah yang belum mengajukan formasi guru sesuai kebutuhan, agar segera mengajukan formasi.

“Kita semua ingin para guru mendapatkan penempatan sesuai kebutuhan daerah dan memperoleh pendapatan yang layak,” tegasnya.

Baca juga: PGRI kawal pengangkatan guru honorer
Baca juga: PGRI: Capaian program satu juta guru PPPK hampir separuh

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023