Makassar (ANTARA) - Komando Daerah Militer (Kodam) XIV Hasanuddin menerima penghargaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) atas komitmen jajaran Kodam mendukung program BKKBN.

"Penghargaan tersebut diberikan atas komitmen dan dukungan menyukseskan program TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu 2022," kata Kepala Perwakilan BKKBN Sulsel Hj Andi Ritamariani di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, penghargaan pada Kodam XIV/Hasanuddin ini diberikan langsung oleh Kepala BKKBN Dr (H.C) dr Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) pada Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Kemitraan 2023.

Mewakili Kodam XIV Hasanuddin, Brigadir Jenderal TNI Dwi Endro Sasongko menerima penghargaan tersebut di hadapan 600 orang peserta Rakornis dari unsur TNI, Polri, PKK dan IBI se-Indonesia.

Menurut Andi Rita, pada kesempatan itu hadir pejabat teras TNI di antaranya Panglima TNI periode 2021-2022 Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa dan Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Prof Dr Phil H Kamaruddin Amin.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan MoU yang dilaksanakan dalam acara ini antara BKKBN dengan Polri,  BPIP, APDESI, UNSURYA, dan Perempuan Indonesia Maju (PIM).


Baca juga: BKKBN minta tumbuhan kelor dideklarasikan sebagai pangan nasional

"Rakornis Kemitraan merupakan forum mitra kerja BKKBN untuk menggalang komitmen bersama dalam upaya meningkatkan capaian program bangga kencana," kata Andi Rita mengutip pernyataan Hasto.

Termasuk upaya percepatan penurunan stunting dengan mengusung tema “Sinergitas Implementasi Kegiatan Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Bersama Mitra Kerja”.

Kepala BKKBN Hasto mengatakan, merujuk pada data Kemenkes tahun 2023, pada tahun 2022 faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan stunting yaitu pemberian air susu ibu (ASI) sebanyak 96,4 persen, sumber protein hewani 69,9 persen dan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) 60,1 persen.

Selain itu juga karena adanya konseling gizi sebanyak 32 persen, sumber susu dan olahan 30,1 persen, dan ASI Eksklusif 16,7 persen.
Kepala Perwakilan BKKBN Sulsel Hj Andi Ritamariani. Antara/ HO-BKKBN Sulsel

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023