Jakarta (ANTARA) - Pemenuhnan gizi untuk mendukung gaya hidup yang aktif bisa dimulai dari sarapan, antara lain dengan memperhatikan pedoman Isi Piringku.

"Pedoman Isi Piringku dapat dijadikan acuan dalam mempersiapkan asupan untuk keluarga. Dalam mempersiapkan asupan keluarga perlu diingat oleh para ibu, bahwa kebutuhan setiap anggota keluarga tentu berbeda," kata dr. Gia Pratama dalam siaran pers Frisian Flag, Jumat.

Pada orang dewasa, umumnya pedoman asupan Isi Piringku terdiri dari 50 persen sayur dan buah, sedangkan 50 persen lainnya berupa karbohidrat dan protein. Pada anggota keluarga yang membutuhkan energi lebih, kebutuhan karbohidrat dan protein pada setiap porsi makanan lebih besar dibanding sayur dan buah.

Apalagi di pagi hari, ketika kebutuhan energi dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan aktivitas harian. Menurut Gia, sumber makanan yang dibutuhkan diantaranya adalah protein, vitamin dan mineral.

"Ini yang kita butuhkan tapi yang terjadi justru makanan-makanan tinggi kalori. Kalau kita lihat kondisi di luar, yang gurih-gurih, asin, dan terlalu manis," kata dia menambahkan.

Baca juga: Perkenalkan variasi makanan sehat sejak kecil bermanfaat seumur hidup

PT Frisian Flag Indonesia (FFI) kembali mempertegas komitmennya untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, melalui inisiatif edukatif yang dilakukan. Menggandeng 1.500 kader PKK dan komunitas perempuan di Tangerang, Dinas Kesehatan setempat, serta Badan Pengawas Obat dan Makanan BPOM – FFI menggelar edukasi pentingnya sarapan gizi seimbang dan gaya hidup aktif untuk bangun daya tahan alami keluarga.

"Untuk membantu menyelesaikan permasalahan gizi dan kesehatan yang tengah kita hadapi, edukasi dan intervensi terkait gizi seimbang menjadi langkah yang perlu segera diambil. Pembiasaan pola hidup aktif juga penting untuk terus disuarakan guna membangun generasi yang sehat, dimulai dari keluarga. Menyadari urgensi dari kondisi ini, FFI berupaya untuk menyamakan langkah bersama pihak-pihak terkait melalui kegiatan edukasi dengan melibatkan komunitas perempuan, sebagai sosok penggerak penting dalam keluarga," kata Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia Andrew F. Saputro.

Baca juga: Orangtua diajak terapkan "Isi Piringku" untuk penuhi gizi anak

Baca juga: Pemenuhan gizi pada anak ciptakan SDM berkualitas

Baca juga: Riskesdas: Konsumsi buah dan sayur di Indonesia masih rendah

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023