Badung (ANTARA) - Pengurus dan anggota Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (DPP IKA UII) menggelar bakti sosial kepada masyarakat di Provinsi Bali dengan membagikan ratusan paket sembako.

"Bakti sosial ini adalah wujud kepedulian Ikatan Keluarga Alumni UII untuk meluaskan manfaat bagi sesama. Sebagaimana Islam mengajarkan untuk menjadi rahmat bagi semesta alam," kata Menko Polhukam yang juga alumnus UII Mahfud MD di Kuta, Kabupaten Badung, Jumat.

Mahfud yang juga Ketua Dewan Penasihat DPP IKA UII itu, dalam keterangan tertulisnya mengatakan kegiatan bakti sosial ini merupakan wujud kepedulian dan toleransi IKA UII kepada masyarakat luas.

Aksi bagi-bagi paket sembako ini juga bagian dari rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional DPP IKA UII 2023 dengan tema "Alumni UII Bersinergi Membangun Negeri",  berlangsung dari 9 hingga 11 Maret 2023.

Baksos seperti ini, lanjut dia, juga menjadi bagian dari pelaksanaan pesan suci bangsa Indonesia dan khususnya warga UII.

Sebanyak 650 paket sembako ini dibagikan kepada warga di belasan banjar di Kuta, di antaranya Banjar Segara Kuta, Banjar Anyar Kuta, Banjar Merthajati Kuta, Banjar Buni Sar Kuta, dan Banjar Jaba Jero Kuta.

Selain itu, Banjar Pemamoran Kuta, Banjar Pering Kuta, Banjar Tegal Kuta, Banjar Temacun Kuta, Banjar Pande Mas Kuta, Banjar Tebasari Kuta, Banjar Pelasa Kuta dan Banjar Pengabetan Kuta, Bali.

"Kepada bangsa Indonesia kita dibekali konstitusi yang menyatakan bahwa salah satu tujuan negara membangun kesejahteraan bangsa, kemudian disebutkan juga dalam pasal UUD kita harus melakukan solidaritas sosial," ujarnya.

Baca juga: Mahfud ajak umat bangun bangsa dengan semangat inklusif Piagam Madinah

Selanjutnya, di situ diatur juga kehidupan di tengah-tengah masyarakat untuk saling membantu maka ada bab tentang kesejahteraan sosial.

"Di dalam agama kita, agama apa pun keberagaman itu akan menjadi baik manakala diwujudkan dalam bentuk solidaritas sosial gotong royong dan sebagainya," ujarnya.

Selain membagikan paket sembako, DPP IKA UII juga menggelar pemeriksaan kesehatan secara gratis bagi masyarakat yang berlangsung di Banjar Segara, Kuta.

Pemeriksaan gratis dilakukan para dokter lulusan UII. Hadir pula dalam aksi sosial ini adalah Ketua Mahkamah Agung RI yang juga Ketua DPP IKA UII Prof Dr Syarifuddin, SH, MH.

Sekretaris Jenderal DPP IKA UII Ari Yusuf Amir mengatakan kegiatan ini bentuk kepedulian dan toleransi alumnus UII yang Muslim kepada masyarakat Hindu di Bali.

IKA UII memiliki cabang hingga seluruh provinsi di Indonesia. Pihaknya berharap kegiatan seperti ini bisa diteruskan oleh pengurus-pengurus di masing-masing wilayah.

"Meskipun jumlahnya tidak seberapa tapi setidaknya hal ini menunjukkan kepedulian kita tidak hanya sebagai alumni UII tapi juga sebagai anak bangsa terhadap saudara-saudara kita yang terdampak pandemi," ujarnya.

Baca juga: Ikatan Alumni ITS beri rekomendasi pembangunan Indonesia

Aksi sosial seperti yang dilakukan di Bali ini, sudah sering dilakukan Ikatan Keluarga Alumni UII. Pada saat pandemi COVID-19 IKA UII membantu menyebarkan ribuan paket baju APD dan peralatan penunjang petugas medis.

Ribuan paket sembako juga diberikan di sejumlah wilayah di Indonesia untuk membantu warga yang terdampak pandemi.

Kepala Lingkungan Banjar Segara I Nyoman Water yang melakukan teknis pendistribusian paket sembako ini menjelaskan pihaknya  memprioritaskan lansia sebagai penerima bantuan.

"Kita lihat ekonomi yang menengah ke bawah, setelah kita sortir kita panggil semua kelian adat yang ada di lingkungan. Sisanya kita bagikan kembali," ujarnya.

Warga Banjar Segara Kuta penerima bansos, Jero Nyoman Rai, mengaku senang mendapat bantuan ini.

Baca juga: Kembangkan potensi, Universitas Brawijaya gandeng alumni
Baca juga: Ikatan Alumni UI gandeng BPKM dalam edukasi pelaku UMKM
Baca juga: Ikatan Alumni FE Universitas Trisakti harap ekonomi terus kondusif

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023