Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan lahan seluas 7,5 hektare dipergunakan untuk pembuatan hunian tetap berjenis Risha atau Rumah Instan Sederhana Sehat di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

“Lahan relokasi 7,5 hektare sedang kami rencanakan dan pembangunan huntapnya tetap menggunakan Risha,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Sabtu.

Menteri Basuki mengatakan seluruh material dan komponennya akan dikirim dari Palembang menggunakan kapal TNI AL menuju lokasi pembangunan huntap.

Di samping rumah relokasi, Menteri Basuki memastikan bahwa pemerintah juga akan membangun sarana dan prasarana pendukung lainnya seperti jalan, jembatan, tempat ibadah hingga fasilitas air untuk kebutuhan dasar.

“Kita akan bangunkan jalannya, jembatannya, airnya, mushalanya sebagai komunitas baru nantinya,” jelas Basuki

Baca juga: Pengungsi bencana longsor Serasan memilih tinggal di Pompong

Lebih lanjut, Menteri PUPR juga memastikan bahwa warga yang direlokasi ini nantinya juga akan didata dulu sesuai rekomendasi BMKG. Menteri PUPR akan memprioritaskan warga terdampak dan yang berada di dalam zona rawan bencana.

“Menurut Pemkab tadi ada potensi longsor sehingga kita akan lihat mana-mana saja yang harus kita relokasi,” kata Basuki.

PUPR telah mengirimkan tujuh alat berat jenis eskavator. Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono yang turut meninjau lokasi terdampak telah menargetkan jalan tersebut dapat terbuka dalam waktu dua hari.

“Jalan yang tertutup longsor ada sekitar 300 meter. Tapi mulai tadi malam ada tujuh eksavator sudah bekerja dan kita targetkan dua hari ini sudah terbuka semua,” ujar dia.

Berdasarkan data pencarian dan pertolongan per Jumat (10/3), sudah ada 36 jiwa yang meninggal dunia terdampak tanah longsor. Sementara itu masih ada 18 jiwa yang masih dalam pencarian. Sedangkan sebanyak 1.216 warga masih mengungsi di empat titik.

Baca juga: Pemerintah lakukan operasi TMC untuk bantu tangani longsor Natuna
Baca juga: KN Tanjung Datu-301 bawa paket bansos untuk korban longsor Natuna
 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023