Jakarta (ANTARA) -
Kumpulan anak-anak muda Papua yang tergabung dalam grup paduan suara akan memeriahkan peresmian gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura, Papua.
 
Koordinator Paduan Suara PYCH, Paulina Ruwayari menjelaskan grup paduan suara yang berisikan anak muda Papua ini berasal dari anak muda gereja dan mahasiswa.
 
"Mereka adalah pemuda-pemudi asli Papua. Paduan suara ini terbentuk dari pemuda gereja dan mahasiswa," kata Paulina dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Baca juga: PMI siapkan gedung PYCH sebelum diresmikan Presiden Jokowi

Baca juga: Kementerian PUPR mendukung pembangunan Papua Youth Creative Hub
 
Gedung PYCH yang diresmikan dalam waktu dekat itu akan dipakai anak muda Papua untuk berkreasi dan berkarya. Gedung ini memiliki gedung utama yang terdiri atas dua lantai dan dua gedung asrama.
 
Di dalamnya terdapat ruangan untuk produk UMKM, kafetaria, ruang pelatihan-pelatihan, ruang pemasaran, ruang podcast, fotografi, ruang serbaguna hingga ruangan yang bisa digunakan untuk co-working space.
 
Menurutnya, tim paduan suara ini akan membawakan tiga lagu di depan Presiden Joko Widodo yang rencananya hadir dalam peresmian gedung PYCH tersebut.
 
Tiga lagu itu, yakni Indonesia Raya, lagu daerah, dan mars PYCH yang merupakan ciptaan mereka.
 
"Ini ketiga kalinya mereka latihan, persiapannya sudah cukup bagus, kami lagi persiapkan mereka untuk masuk ke studio rekaman PYCH. Nanti mereka  rekaman per suara, sopran, tenor, alto, dan bas," kata Paulina.
 
Anggota Paduan Suara PYCH, Mince Wali mengaku antusias untuk tampil di depan Presiden Joko Widodo. Ia telah melakukan latihan cukup panjang untuk bisa tampil maksimal bersama timnya.

Baca juga: Jokowi: "Papua Youth Creative Hub" jadi pusat kembangkan talenta Papua

Baca juga: PUPR targetkan konstruksi Papua Youth Creative Hub mulai Oktober 2021
 
"Harapannya ketika kami tampil, saya dan teman-teman menjadi motivasi untuk teman-teman saya, termotivasi untuk mencintai paduan suara, sehingga dengan paduan suara kita bisa tampil di mana saja," kata Mince.
 
Demikian juga dengan Deddy Krey. Dia mengaku sangat bangga bersama timnya bisa tampil di depan Presiden Joko Widodo.
 
"Harapan saya tersendiri, terutama tampil di depan Pak Jokowi, pertama bangga, bangga sekali dilihat Pak Jokowi. Terus harapan nanti, saya dan tim bisa menyanyi sampai ke istana. Itu suatu kebanggaan," kata dia.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023