Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan "Papua Youth Creative Hub" di Kota Jayapura sebagai bentuk komitmen pemerintah RI dalam memberikan ruang bagi para pemuda Papua untuk pengembangan inovasi, teknologi, kreativitas, maupun produk-produk ekonomi kreatif lokal.

Menparekraf melalui keterangan yang diterima di Jakarta pada Rabu mengatakan, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif harus berjalan beriringan. Papua memiliki beragam daya tarik wisata dengan bentangan alam dan budaya yang melimpah.

"Tentunya sangat mengapresiasi Papua Youth Creative Hub yang kita harapkan akan menciptakan ekosistem ekonomi kreatif untuk anak-anak muda di Papua," kata Menparekraf Sandiaga.

Baca juga: Kemenparekraf dan KBRI adakan ''table top" destinasi wisata baru

Keberadaan Papua Youth Creative Hub akan sangat penting dalam mendukung pengembangan industri kreatif dengan ciri khas Kota Jayapura. Sehingga perekonomian masyarakat di Papua dapat meningkat dan membuka lebih banyak peluang usaha dan lapangan kerja.

Hadirnya Papua Youth Creative Hub di Jayapura merupakan tindak lanjut dari pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan 23 Tokoh Muda Papua Inspiratif pada September 2019 di Istana Negara. Yang kemudian dibangun secara kolaboratif oleh Badan Intelijen Negara (BIN) dan Kementerian PUPR.

Gedung berlantai dua ini diproyeksikan akan menjadi Silicon Valley-nya Indonesia Timur. Yang dilengkapi dengan ruang pameran, co-working space, ruang teater untuk pengembangan seni dan budaya, ruang riset, studio foto, studio musik, kuliner space, hingga lapangan olahraga.

Presiden Joko Widodo mengatakan Papua Youth Creative Hub menunjukkan bahwa pembangunan Indonesia sekarang bukan Jawa sentris melainkan Indonesia sentris. Dan tanah Papua menjadi prioritas mulai dari pembangunan aksesibilitas hingga infrastruktur pendukung industri kreatif.

"Kita harus memberikan kesempatan anak-anak muda kita yang memiliki kreativitas, memiliki inovasi, keinginan besar untuk bergerak di bidang industri kreatif. Dan ini saya harapkan dapat memberikan peningkatan kesejahteraan, memberikan peningkatan kemajuan kepada masyarakat Papua yang kita cintai," ucap Presiden Joko Widodo.

Dalam kesempatan itu, Presiden memberikan arahan kepada Sandi untuk menghadirkan program pendampingan dan pelatihan terkait ekonomi kreatif kepada para pemuda Papua, serta menyelenggarakan Street Carnival di Jayapura pada bulan Juni mendatang.

Menanggapi arahan tersebut, Sandiaga berencana akan menggelar Street Carnival di Jayapura sebagai side events Festival Danau Sentani yang masuk ke dalam agenda Kharisma Event Nusantara 2023.

Turut hadir dalam acara peresmian Papua Youth Creative Hub para Menteri Kabinet Indonesia Maju diantaranya Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI Bahlil Lahadalia.

Hadir pula Kepala Badan Intelijen Negara, Budi Gunawan; Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Baca juga: Kemenparekraf-Indo Buckeyes kolaborasi kembangkan parekraf Tanah Air

Baca juga: Kemenparekraf targetkan 45 ribu pekerja parekraf tersertifikasi

Baca juga: Sandiaga targetkan ajang balap sepeda L'tape diikuti 1.500 peserta

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023