London (ANTARA) - Menteri Keuangan Inggris Jeremy Hunt mengatakan pemerintah dan bank sentral Inggris (BoE) telah memfasilitasi penjualan pribadi Silicon Valley Bank di Inggris ke HSBC, dalam sebuah langkah yang akan melindungi simpanan tanpa dukungan pembayar pajak.

Bank sentral Inggris mengatakan sistem perbankan Inggris yang lebih luas tetap aman, sehat, dan memiliki modal yang baik.

"Hal ini memastikan simpanan nasabah terlindungi dan dapat melakukan transaksi perbankan seperti biasa, tanpa dukungan pembayar pajak," kata Hunt dalam sebuah pernyataan pada Senin. "Saya senang kami telah mencapai resolusi dalam waktu singkat.

"HSBC adalah bank terbesar di Eropa, dan nasabah SVB UK harus merasa yakin dengan kekuatan, keselamatan, dan keamanan yang diberikan kepada mereka."

Kegagalan dramatis SVB Financial Group pada Jumat (10/3/2023), yang berfokus pada perusahaan rintisan teknologi, adalah keruntuhan bank terbesar di AS sejak krisis keuangan 2008.

Ini mengancam akan berdampak signifikan pada perusahaan-perusahaan teknologi Inggris, mengingat pentingnya pemberi pinjaman bagi beberapa nasabah, dan lebih dari 250 eksekutif perusahaan teknologi Inggris telah memperingatkan bahwa kegagalannya menimbulkan "ancaman eksistensial" terhadap sektor tersebut.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023