Bengaluru (ANTARA) - Indeks FTSE 100 Inggris naik untuk sesi ketiga berturut-turut pada awal perdagangan Senin, karena investor menunggu rencana fiskal dari Menteri Keuangan baru Jeremy Hunt setelah hilangnya kepercayaan dramatis di antara para pelaku pasar terhadap Pemerintahan Perdana Menteri Liz Truss.

Indeks saham unggulan FTSE 100 terangkat 0,3 persen pada pukul 07.14 GMT, sedangkan indeks FTSE 250 yang berfokus di dalam negeri terdongkrak 0,7 persen.

Pound sterling melonjak 1,0 persen terhadap dolar karena investor menunggu pengumuman Hunt, yang datang dua minggu lebih cepat dari jadwal dan diharapkan mencakup rencana untuk menaikkan pajak dan membelanjakan lebih sedikit dari yang direncanakan sebelumnya.

Saham Inggris berakhir lebih tinggi pada Jumat (14/10/2022) karena Truss memberi sinyal putaran balik sebagian dari pemotongan pajak besar yang tidak didanai pemerintah yang telah mengguncang pasar keuangan, dan menggantikan Kwasi Kwarteng dengan Hunt sebagai menteri keuangan.

Baca juga: Saham Inggris berakhir menguat, indeks FTSE 100 terangkat 0,12 persen

Di antara saham tunggal, Hargreaves Lansdown merosot 2,6 persen setelah platform investasi tersebut mengatakan kepala eksekutif (CEO) Chris Hill akan mundur, sehari setelah perusahaan tersebut terkena gugatan jutaan pound.

ITV melonjak 5,8 persen setelah Financial Times melaporkan lembaga penyiaran komersial sedang meninjau masa depan studio produksi ITV, termasuk apakah akan menjual saham.

ASOS anjlok 6,9 persen setelah pengecer fesyen daring itu mengatakan sedang dalam pembicaraan dengan pemberi pinjaman untuk mengubah persyaratan fasilitas pinjaman 350 juta pound (391 juta dolar AS).

Baca juga: IHSG awal pekan diprediksi masih melemah, ikuti penurunan bursa Asia
Baca juga: Saham China dibuka melemah, Indeks Shanghai turun 0,37 persen


 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022