Jakarta (ANTARA) - Ruth E. Carter berhasil membawa pulang Piala Oscar 2023 untuk desain kostum terbaik berkat karyanya di film Marvel "Black Panther: Wakanda Forever".

Pencapaian tersebut menjadikan Carter sebagai wanita kulit hitam pertama yang dua kali memenangkan Oscar, sebagaimana laporan The Hollywood Reporter, Senin. Ruth E. Carter pertama kali memenangkan Oscar pada 2019 untuk desain kostum yang dia buat dalam film Marvel "Black Panther".

Carter mendedikasikan kemenangannya membawa pulang Piala Oscar untuk mendiang ibunya, Mabel Carter, yang meninggal pekan lalu.

"Ini untuk ibuku. Dia berusia 101 tahun," kata Ruth E. Carter.

Ruth E. Carter kemudian menyebut nama mendiang bintang "Black Panther" Chadwick Boseman dan memintanya untuk menjaga ibunya.

"Chadwick, tolong jaga ibu. Ryan Coogler, Nate Moore, terima kasih atas visi Anda. Keluarga Marvel, Kevin Feige, Victoria Alonso, Louis D'Esposito, dan gudang senjata jenius mereka, terima kasih. Saya berbagi ini dengan banyak seniman berdedikasi yang tangan dan hatinya membantu mewujudkan kostum Wakanda dan Talokan," kata Carter.

Baca juga: Daftar pemenang Oscar, "Everything Everywhere All at Once" mendominasi

Dalam pidato kemenangannya, Carter mengucapkan terima kasih kepada Academy Awards karena telah mengakui pahlawan super yang merupakan wanita kulit hitam.

Di belakang panggung setelah menang, Carter berkata di ruang pers Oscar bahwa dia berharap dapat menginspirasi desainer muda yang memiliki cita-cita tinggi.

"Saya merasa ini membuka pintu bagi desainer kostum muda lainnya yang mungkin tidak berpikir bahwa industri ini untuk mereka," ujar Carter.

"Mudah-mudahan mereka akan melihat saya melihat cerita saya, lalu mereka berpikir bahwa mereka juga bisa memenangkan Oscar dan melakukannya," tutup dia.

Baca juga: Film "Guillermo del Toro's Pinocchio" sabet piala Oscar 2023

Baca juga: Netflix raih banyak kemenangan di Oscar 2023

Baca juga: Michelle Yeoh cetak sejarah pada kategori Aktris Utama Terbaik Oscar

Penerjemah: Suci Nurhaliza
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023