Yerusalem (ANTARA) - Pasukan Israel membunuh tiga pria bersenjata Palestina yang menyerang pos mereka di wilayah pendudukan Tepi Barat pada Minggu (12/3), kata tentara Israel, dan menambahkan pria keempat ditangkap setelah menyerah.

Kementerian Kesehatan Palestina mengonfirmasi kematian di dekat Kota Nablus di wilayah utara Tepi Barat, salah satu wilayah yang diupayakan oleh warga Palestina untuk mendirikan negara, serta wilayah yang juga menghadapi lonjakan kekerasan dalam beberapa bulan terakhir.

Kelompok milisi yang berbasis di Kota Tua Nablus, Lions Den, mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengakui bahwa tiga pria tersebut adalah anggota mereka.

Tentara Israel mengatakan sekelompok pria bersenjata menembaki pos militer dekat persimpangan Huwara-Jit tak jauh dari Kota Nablus, wilayah yang kerap menyaksikan kekerasan antara Palestina dan pasukan Israel serta pemukim bersenjata.

Serdadu Israel membalas dengan membunuh ketiga pria itu sebelum pria keempat menyerah serta menyita senjata dan amunisi, kata Pasukan Pertahanan Israel (IDF) lewat pernyataan.

Insiden itu merupakan yang terbaru dalam sederet bentrokan antara pasukan Israel dan warga Palestina di Tepi Barat sejak Israel melakukan penindakan keras setelah terjadi serangkaian serangan oleh Palestina tahun lalu.


Sumber: Reuters

Baca juga: Pemukim Israel bunuh pria Palestina dekat pendudukan Tepi Barat
Baca juga: Netanyahu: Israel tidak akan berhenti bangun pemukiman di Tepi Barat
Baca juga: DK PBB: perluasan permukiman Israel di Tepi Barat ancam perdamaian

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023