Jakarta (ANTARA) -
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mendukung penuh Program Satu Gugus Depan Satu Produk Wirausaha dari Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) Jawa Timur karena dinilai mampu menggeliatkan perekonomian warga setempat.
 
"Saya kira ini adalah program yang positif dan patut kita apresiasi. Saya mendukung penuh program ini," kata LaNyalla di sela kegiatan resesnya di Jawa Timur, Senin, sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta.
 
Ia optimistis keberadaan program tersebut dapat membuat kiprah Pramuka sebagai organisasi kepanduan semakin dilihat publik. Di samping itu, Pramuka Jatim dapat menjadi semakin produktif dalam menghadapi beragam tantangan global yang ada saat ini.
 
"Pramuka akan semakin produktif dalam menghadapi tantangan global yang semakin nyata di depan mata dan memang inilah sesungguhnya salah satu peran yang harus diemban Pramuka," ujar dia.
 
Dengan Program Satu Gugus Depan Satu Produk Wirausaha, LaNyalla menilai Pramuka Jatim dapat melakukan lompatan inovasi yang cukup spektakuler. Salah satunya, Pramuka bisa mengembangkan sumber daya manusia (SDM) para anggotanya dengan kekuatan ekonomi kreatif, memperkuat jaringan, dan memperkuat kolaborasi untuk mengolah potensi ekonomi para anggotanya.

Baca juga: Ketua DPD RI perjuangkan aspirasi guru honorer Jatim
Baca juga: LaNyalla minta Gubernur Jatim perjuangkan aspirasi guru honorer
 
Meskipun begitu, LaNyalla menyampaikan Program Satu Gugus Depan Satu Produk Wirausaha itu perlu memiliki panduan yang lebih rinci sehingga kontribusinya menjadi semakin nyata untuk masyarakat.
 
"Perlu dibedah paket kewirausahaan yang akan dibangun Pramuka itu seperti apa agar lebih konkret," kata dia.
 
Sebelumnya, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Arum Sabil mengatakan melalui Program Pramuka Produktif, pihaknya akan fokus membangun jiwa wirausaha peserta didik. Salah satu caranya adalah dengan melatih keterampilan fisik dan akademik para peserta didik terkait dengan kewirausahaan melalui gugus-gugus depan yang ada.
 
Mereka mengajak anak-anak muda membangun wirausaha sesuai potensinya di wilayahnya masing-masing.
 
Ke depan, Arum berharap Pramuka tidak hanya mampu menyerap pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan, tetapi mampu mengintegrasikan, mengakumulasikan pengetahuan keterampilan, dan pengalaman menjadi sebuah wujud pengaruh inovasi baru.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023