Labuan Bajo (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, mulai Senin hingga Selasa (14/3) untuk mengecek lokasi penyelenggaraan KTT ASEAN Summit 2023.

"Hari ini Presiden datang lagi kunjungi Labuan Bajo sekaligus memastikan bahwa Labuan Bajo sangat siap untuk penyelenggaraan KTT Ke-42 ASEAN," kata Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi di Puncak Waringin Labuan Bajo, Senin sore.

Presiden tiba bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Bandara Internasional Komodo Labuan Bajo, Senin pada pukul 17.59 Wita.

Jokowi bersama rombongan langsung mengunjungi Puncak Waringin Labuan Bajo.

Bupati Edi mengatakan bahwa kehadiran orang nomor satu di Indonesia ini untuk mengecek kesiapan pelaksanaan ASEAN Summit, khususnya lokasi kegiatan.

Jika ada hal-hal yang belum dibenahi, lanjut dia, bisa segera diurus sehingga hari puncak pelaksanaan kegiatan internasional itu berlangsung dalam keadaan siap dan aman.

Presiden Jokowi dijadwalkan mengecek beberapa lokasi yang menjadi titik tempat kegiatan ASEAN Summit pada hari Selasa (14/3).

Kepala Negara akan mengecek Hotel Meruorah Labuan Bajo, kemudian melakukan peresmian Jalan Lintas Bajo-Golo Mori di KM 16, lalu meninjau kawasan Golo Mori untuk mengecek gedung utama dan klub pantai. Terakhir, Presiden dijadwalkan menuju ke Plataran Komodo untuk melakukan peninjauan sebelum kembali ke Jakarta.

"Tentu kami berkoordinasi, berkolaborasi, dan bersinergi dengan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, TNI/Polri, dan pihak lain. Apa yang kurang, kami sama-sama urus," ucapnya.

Baca juga: Presiden instruksikan daerah-daerah tiru TPST seperti di Bali
Baca juga: Moeldoko: Presiden siapkan landasan untuk RI lompat jadi negara besar

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023